Statistik Barca Tanpa Messi: Ball Possession Melorot Tajam

redaksi.co.id - Statistik Barca Tanpa Messi: Ball Possession Melorot Tajam Pertanyaan yang berkembang sekarang adalah, apakah Barcelona ternyata bisa lebih baik tanpa Messi? Kendati statistik menunjukkan...

11 0

redaksi.co.id – Statistik Barca Tanpa Messi: Ball Possession Melorot Tajam

Pertanyaan yang berkembang sekarang adalah, apakah Barcelona ternyata bisa lebih baik tanpa Messi? Kendati statistik menunjukkan para pemain Barca justru jadi lebih berkembang minus Messi.

Namun secara keseluruhan tim Catalan ini tetap sangat bergantung kepada penyerang asal Argentina tersebut.

Tak bisa dipungkiri, selain menjadi mesin gol, Messi pun terbukti menjadi pengatur serangan nomor wahid di Catalan. Selama dirinya absen, prosentase penguasaan bola Barcelona di La Liga merosot dari 61% menjadi 58%.

Selain itu, kehadiran Messi memancarkan efek psikologis tersendiri. Ia membuat rekan-rekannya jadi lebih percaya diri. Di sisi lain, aura Messi membuat kubu lawan jadi gentar.

“Messi adalah pemain yang sangat penting. Keberadaannya membuat kami merasa lebih percaya diri. Terima-kasih Tuhan, ia sudah kembali,” ujar Rakitic.

Seberapa besar efek kehadiran kembali Messi akan terlihat saat Barca menjamu AS Roma dalam penyisihan grup E di Camp Nou, Rabu (25/11) dini hari.

Ketika Barca melumat Real Madrid 4-0 akhir pekan lalu, Messi hanya jadi pemain pengganti, masuk menggantikan Rakitic di menit 57.

Di laga melawan AS Roma, pelatih Enrique sepertinya akan menurunkan “si Kutu” sejak menit pertama. Laga pertama di Roma berakhir imbang 1-1 lewat gol Luis Suarez menit 21, yang disamakan oleh Alessandro Florenzi menit 31.

Barca hanya membutuhkan tambahan satu poin di laga ini untuk memastikan lolos ke babak knockout ke-12 kali secara berturut-turut.

AS Roma juga bisa memastikan langkah ke babak 16 besar pada pertandingan ini.

Syaratnya, skuat asuhan Rudi Garcia ini harus mengalahkan Barcelona, dan Bayer Leverkusen (4 poin) gagal mengalahkan BATE Borisov (3 poin).

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!