Wapres JK: BI Mitra Jalankan Roda Ekonomi RI

redaksi.co.id - Wapres JK: BI Mitra Jalankan Roda Ekonomi RI Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi kinerja Bank Indonesia (BI) selama ini. Pasalnya, dia melihat...

12 0

redaksi.co.id – Wapres JK: BI Mitra Jalankan Roda Ekonomi RI

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi kinerja Bank Indonesia (BI) selama ini. Pasalnya, dia melihat berkat kerja keras BI dapat tercapai hal-hal yang positif.

Menurut JK, BI adalah mitra yang baik dalam menjalankan roda perekononomian dengan tujuan menjadi menciptakan masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu, peran BI tidak semata-mata sebagai badan yang independen namun mitra musyawarah.

“BI adalah partner yang baik untuk menjalankan kegiatan nasional di bidang ekonomi kita menuju masyarakat yang adil dan makmur. Itu tujuan negara, karena BI bagian dari negara. Tentu BI juga hubungan dengan pemerintah adalah independen dengan musyawarah,” kata dia di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Lebih lanjut, dia mengatakan dalam regulasi UU Nomor 3 Tahun 2004 menjelaskan jika dalam kebijakan moneter harus mempertimbangkan kebijakan pemerintah dalam perekonomian.

“Lain pihak, dijelaskan pasal lainnya pemerintah wajib minta pandangan BI dalam menjalankan kebijakannya, dan wajib mengundang BI untuk hadir dalam sidang kabinet. UU menyatakan begitu sehingga independen dalam musyawarah,” jelasnya.

Memang menurutnya, ukuran keberhasilan antara BI dan pemerintah berbeda. BI mematok keberhasilan berdasarkan nilai tukar dan inflasi. Sedangkan pemerintah mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.

“Bagaimana seimbangkan dua hal ini, stabilitas nilai tukar dan inflasi pada saat yang sama harus meningkatkan pertumbuhan dan memperlebar lapangan kerja. Di situ kita koordinasi supaya itu terjadi,” tandas dia.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!