MUI Riau Belum Akan Sidak Restoran Solaria

193

redaksi.co.id – MUI Riau Belum Akan Sidak Restoran Solaria

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau masih menunggu uji sampel dari MUI pusat terhadap sitaan bumbu masakan dari restoran Solaria, Balikpapan.

Menurut Administrasi Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika – Majelis Ulama Indonesia (LP-POM) MUI Riau, Amelia menyebutkan sampai sekarang belum ada konfirmasi bahwa temuan yang di restoran Solaria Balikpapan mengandung unsur babi.

“Daerah tidak bisa melakukan sidak jika tidak ada arahan dari MUI pusat. Sampai sekarang kita masih menunggu arahan dari pusat termasuk hasil sampel dari sitaan di Balikpapan, ” terangnya saat dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com, Rabu (25/11/2015).

Menurutnya, terkait sertifikasi restoran tersebut akan mengacu pada perizinan yang diberikan oleh MUI pusat.

“Mereka (Solaria Pekanbaru.red) sudah melaporkan soal sertifikasi halal. Biasanya akan ada evaluasi setiap dua tahun untuk perpanjangan, ” ujarnya.

Seperti yang diberitakan Tribunsumsel.co tim gabungan Operasional Razia Daging Ilegal menemukan dua bumbu di restoran Solaria, yang terletak di satu pusat perbelanjaan di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan yang positif mengandung bahan tidak halal.

Temuan tersebut berada di bumbu campur dan bumbu rendam ayam. Kedua bumbu itu pun disita untuk selanjutnya diuji.

Sebanyak 20 jenis bahan yang disita, dari 20 tersebut ada delapan yang sudah diuji, dan dua diantaranya positif mengandung bahan tidak halal, atau mengandung hewan babi.

Penanggungjawab Solaria Balikpapan, Iis, enggan memberikan keterangan temuan itu.

Ia beralasan bahan itu dari pusat dan sudah ada sertifikat halalnya.

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!