Komponen Impor untuk Kereta Api Masih Mendominasi

redaksi.co.id - Komponen Impor untuk Kereta Api Masih Mendominasi JAKARTA - Kementerian Perindustrian mencatat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) komponen kereta api di Indonesia masih kurang...

24 0

redaksi.co.id – Komponen Impor untuk Kereta Api Masih Mendominasi

JAKARTA – Kementerian Perindustrian mencatat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) komponen kereta api di Indonesia masih kurang dari 50 persen. Sedangkan, sisa komponennya, pemerintah masih mengimpor.

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, menilai jika pemerintah bisa memperkuat basis produksi industri penunjang kereta api, maka TKDN-nya bisa bertambah. Namun hal itu tidak mengubah komposisi komponen impor yang saat ini masih mendominasi.

“Kalau dilihat secara umum lebih dari 40 persen lokal konten untuk kebutuhan kereta api ini bisa kita penuhi,” ujar Putu, Rabu (25/11/2015).

Putu menjelaskan industri penunjang perekeretaapian ini termasuk dalam kategori industri penghasil barang modal. Sehingga jumlah yang diproduksi itu, tidak mungkin melebihi dari kebutuhan.

“Misalnya kaya industri mobil stok dilebihkan, kalau orang perlu bisa ambil di gudang. Kereta api tidak bisa seperti itu,” jelas Putu.

Berbicara mengenai investasi, Putu menjelaskan tujuan utama pemerintah untuk meningkatkan kemandirian di dalam industri penunjang perekeretaapian. Selain itu Kementerian Perindustrian juga ingin ada pengembangan kereta api di luar Pulau Jawa.

“Ini harus disikapi oleh industri kita, jangan sampai sebagian besar dari kebutuhan itu karena dikejar target terpaksa harus impor,” papar Putu.

Putu menambahkan rencana pemerintah ke depan menghitung spesifikasi apa saja yang dibutuhkan. Selain itu industri apa saja yang bisa dikembangkan secara maksimal, sehingga komponen impor bisa berkurang.

“Yang akan kita kembangkan kearah mana meskipun tidak 100 persen, tapi bisa dipenuhi industri dalam negeri,” kata Putu.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!