Jokowi Tinjau Proyek Kereta Api Trans Sulawesi

redaksi.co.id - Jokowi Tinjau Proyek Kereta Api Trans Sulawesi Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjaupembangunan rel kereta api Trans Sulawesi Tahap Pertama...

3 0

redaksi.co.id – Jokowi Tinjau Proyek Kereta Api Trans Sulawesi

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjaupembangunan rel kereta api Trans Sulawesi Tahap Pertama Segmen I RuteMakassar-Pare-pare di di Desa Telumpanua, Kecamatan Tanete Riau,Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Kehadiran Presiden ke Sulsel inidisambut sangat antusias oleh masyarakat.

Di sepanjang perjalanan Makasar- Barru, Presiden menyempatkan berhentidi keramaian masyarakat dan berjabat tangan dengan masyarakat.Sesampai di Desa Telumpanua, Presiden meninjau pembangunan rel keretaapi.

Dalam peninjauannya, Presiden mendapatkan penjelasan teknis yangdiberikan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan HermantoDwiatmoko. “Untuk tahun 2015 ini, pembangunan sepanjang 16 km dansaat ini sudah mencapai target penyelesaian 80 persen,” ucapHermanto.

Gubernur Sulsel Sahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa keberadaan keretaapi Makasar – Parepare ini sudah ditunggu oleh masyarakat Sulselselama 60 tahun. Menurutnya, pembangunan sudah dimulai pada 2001, namunkonstruksinya terus tertunda, dan baru dimulai kembali di 2015 ini.

“Keberadaan kereta api ini merupakan munculnya peradaban baru bagimasyarakat Sulsel,” ucap Sahrul melalui Tim Komunikasi Presiden.

Mendengar laporan itu, Presiden memerintahkan Dirjen Perkeretaapianuntuk mengawal kelanjutan pembangunan sampai tuntas. Pada kesempatantersebut, Presiden juga memerintahkan kepada Kemenhub untukmempercepat pembangunan kereta api di Papua.

Antusiasme masyarakat juga luar biasa di lokasi pembangunan rel keretaapi yang dikunjungi Presiden. Beberapa anak SD berusaha mendekat kePresiden sambil bergumam menyanyikan lagu anak-anak kereta api. Naikkereta api tut tut tut … siapa boleh ikut …,” ucap anak-anakmenyambut Presiden.

Infrastruktur Dorong Biaya Logistik Murah

Jokowi mengatakan konstruksi rel KA dari Makassar ke Parepare dannantinya terhubung hingga ke Manado. Namun, untuk mencapai targettersebut dibutuhkan waktu dan proses yang memerlukan waktu cukup lama.”Memang saat ini baru mencapai 16 km sampai akhir tahun, tapi kitaberharap tahun depan ke Parepare sekitar 145 km terealisasi. Tahundepan juga mulai dibangun dari Manado ke sini,” ucap Presiden.

Presiden berharap pada tahun 2018 rel KA ini tersambung danberoperasi. Bahkan, jalur KA ini akan tersambung dengan Makassar NewPort dan bandara. “Ada integrasi udara, laut dan darat,” ucapPresiden.

Selama pembangunan jalur KA ini, Presiden meminta kepada DirekturJenderal Perkeretaapian menggunakan tenaga kerja yang berasal darimasyarakat sekitarnya. “Manajemen dan karyawan semua dari masyarakatdaerah,” ucapnya.

Selain memanfaatkan tenaga kerja dari masyarakat sekitar, Presidenmenjelaskan bahwa semua gerbong dan lokomotif dibuat oleh pabrikanlokal. Diantaranya yaitu PT INKA yang membuat gerbang lokomotif danbantalan rel yang diproduksi oleh PT Wijaya Karya. “Sedangkan Penguncirel dari PT Pindad. Dan hanya rel yang terbuat dari Jepang. Kereta ininanti, dapat melaju hingga 200 km per jam,” ucapnya. (Luqman Rimadi/Gdn)

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!