Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Anda Tidak Mau Rugi dalam Usaha

redaksi.co.id - Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Anda Tidak Mau Rugi dalam Usaha Anda ingin membuka usaha? Perjuangan menjadi seorang pengusaha sungguh tidak mudah dan...

14 0

redaksi.co.id – Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Anda Tidak Mau Rugi dalam Usaha

Anda ingin membuka usaha? Perjuangan menjadi seorang pengusaha sungguh tidak mudah dan dalam waktu sekejap. Ada banyak risiko yang harus ditanggung oleh setiap pemilik usaha. Tetapi di sisi lain, kesuksesan yang diraih akan sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Mungkin Anda memiliki banyak ide brilian, rencana bisnis matang, serta tim yang solid, tetapi jika pengelolaan usaha Anda tidak dilakukan dengan baik, maka ha-hal tadi bisa menjadi sia-sia.

Ada banyak tips yang menjabarkan bagaimana Anda bisa mengatur keuangan sebagai pengusaha. Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak juga wiraswastawan yang salah mengelola keuangan mereka hingga menimbulkan kerugian yang besar?

Anda sedang berjuang menjadi seorang Pengusaha? Berikut adalah 10 kesalahan pengelolaan keuangan yang perlu Anda hindari sebagai seorang pengusaha:

Menggabungkan rekening pribadi dan perusahaan

Manajemen keuangan yang timpang tindih ini akan mempengaruhi operasional perusahaan Anda dan sulit menentukan angka profit yang sebenarnya. Biasakan untuk disiplin membagi kebutuhan bisnis dan pribadi.

Membiayai kebutuhan bisnis dengan uang pribadi

Pastikan bahwa segala keperluan bisnis, biaya meeting, atau traveling ditanggung oleh keuangan operasional perusahaan.

Tidak menyiapkan anggaran untuk masa mendatang

“Roma tidak dibangun dalam sehari,” begitu juga bisnis Anda. Akan lebih baik apabila Anda menyisihkan pendapatan Anda untuk beberapa bulan ke depan, untuk berjaga-jaga ketika kondisi keuangan pribadi sedang tidak stabil. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi beberapa tahun mendatang, oleh karena itu, sisihkan pendapatan untuk ditabung.

Tidak memiliki anggaran operasional

Anda dapat mematok anggaran setiap bulan dan meningkatkan jumlahnya ketika bisnis sudah stabil nanti. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

Tidak membuat rencana pensiun

Dana pensiun sangat penting untuk dikumpulkan mulai dari sekarang agar ketika saatnya Anda benar-benar sudah tidak bekerja, Anda memiliki cukup dana untuk menikmati hidup. Perhitungan dana pensiun dapat dilakukan oleh pakar keuangan atau menyisihkan sebagian keuntungan yang Anda peroleh secara berkala.

Tidak memiliki dana darurat

Dana darurat cukup penting dalam sebuah manajemen keuangan supaya Anda tidak terlibat hutang yang menumpuk.

Melakukan promo yang terlalu banyak

Memberikan potongan harga yang terlalu besar bisa berdampak pada kualitas produk atau servis dan profit yang akan Anda peroleh. Tentukan harga jual yang sesuai dengan kemampuan dan dana operasional yang dikeluarkan. (Vna/Gdn)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!