5 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Ekonomi

redaksi.co.id - 5 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Ekonomi Peran perempuan dalam pembangunan perekonomian dunia sangat penting. Sebab itu, perempuan dan laki-laki harus memiliki hak dan...

14 0

redaksi.co.id – 5 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Ekonomi

Peran perempuan dalam pembangunan perekonomian dunia sangat penting. Sebab itu, perempuan dan laki-laki harus memiliki hak dan kedudukan yang sama.

Seorang wanita harus semakin diberdayakan agar memiliki harga yang dapat meningkatkan jaringan dan kemandirian mereka di bidang ekonomi.

Perempuan dinilai sangat potensial untuk melakukan kegiatan produktif dan membantu perekonomian suatu negara. Potensi tersebut kemudian dapat menyebar di berbagai bidang maupun sektor.

Oleh sebab itu, optimalisasi peran perempuan di dalam bidang perekonomian perlu terus ditingkatkan. Seperti dilansir dari businessinsider.co.id, Kamis (26/11/2015), inilah 5 wanita yang mampu mengubah perekonomian dunia, yakni:

1. Anna Schwartz (1915-2012)

Anna Schwartz dikenal sebagai penulis buku yang paling berpengaruh pada ekonomi moneter yang ditulis sejak Perang Dunia Kedua.

Bahkan pada 1963, Anna memenangkan hadiah Nobel ekonomi Milton Friedman yang diterbitkan dengan judul buku “sejarah moneter Amerika Serikat, 1867-1960”.

Anna juga mampu mempengaruhi kebijakan moneter pada siklus bisnis perekonomian yang jauh melampaui dunia akademisi. Namun, pemerintah di seluruh dunia lebih canggih untuk membuat perubahan dramatis dengan fokus yang lebih jauh pada kebijakan moneter untuk mengelola surut dan arus kegiatan ekonomi.

2. Deirdre McCloskey (1942)

Deirdre McCloskey adalah salah satu sejarawan ekonomi yang paling menonjol dan satu-satunya di dunia. Tulisannya pada awal era industri di Inggris menjadi bagian utama dari perdebatan ekonomi.

Pada pertengahan 2014, ia menjadi salah satu kritikus Thomas Piketty yang paling menonjol. McCloskey juga memiliki pengaruh yang besar pada kaum konservatif dan liberal.

3. Dambisa Moyo (1969)

Moyo memiliki gelar kimia MBA dan PhD di bidang ekonomi dari Universitas Oxford. Dia juga pernah bekerja di lembaga keuangan Goldman Sachs dan duduk di Dewan Barclays.

Moyo merupakan seorang kritikus terkemuka. Di tahun 2013, Moyo menerima penghargaan prestasi seumur hidup dari Friedrich Hayek Institut.

4. Carmen Reinhart (1955)

Carmen Reinhart menjadi wanita yang paling berpengaruh terhadap dunia ekonomi setelah ia melakukan pelatihan di Universitas Kolombia dan bekerja sebagai kepala ekonom di Bear Stearns, Dana Moneter Internasional, dan Havard Kennedy School.

5. Harriet Martineau (1802-1876)

Martineau adalah penulis pertama yang membahas subjek pajak dan ekonomi politik di tahun 1830. Ia sempat diberitakan sebagai salah satu putri dari Adam Smith, yakni salah satu pelopor sistem ekonomi kapitalis.

Ia pernah melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dan menulis rekening sosiologis masyarakat di Amerika. (Apr/Nrm)**

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!