Seluruh Penerbangan Rusia Dilarang Lintasi Ukraina

165

redaksi.co.id – Seluruh Penerbangan Rusia Dilarang Lintasi Ukraina

Ukraina melarang semua pesawat Rusiadari wilayah udaranya. Larangan itu muncul tak lama setelah pasokan listrikdari Ukraina ke wilayah semenanjung Crimea terputus.

Larangan berlaku untuk wilayah udara pesawat militer serta perusahaan penerbangan sipil Rusia.

“Pemerintah Ukraina telah memutuskan untuk melarang semua penerbangan transit bagi semua maskapai Rusia di wilayah udara Ukraina,” kata Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk melalui televisi negara seperti dikutip dari BBC, Kamis (26/11/2015).

“Pemerintah menginstruksikan (otoritas penerbangan) Ukraerorukh sejalan dengan norma-norma hukum internasional, untuk menginformasikan Federasi Rusiabahwa maskapai penerbangan dan pesawatnya tidak memiliki hak untuk menggunakan wilayah udara Ukraina lagi,” imbuhYatsenyuk.

Selain itu, pemerintah Ukraina juga melarang ekspor gas Rusia ke Ukraina. Tak ada lagi pasokan dari perusahaan raksasa yang dikendalikan negara, Gazprom.

Gazprom mengatakan telah menghentikan pengiriman gas ke Ukraina, karena penggunaannya mereka yang membayar. Tapi Ukraina mengatakan telah berhenti membeli dari Gazprom, karena bisa mendapatkan dengan harga lebih murah dari Eropa. (Tnt/Rie)

(red/ochman/rief/RA)

loading...

Comments

comments!