Kamera Mini Ini Lebih Tipis Dibandingkan Koin

redaksi.co.id - Kamera Mini Ini Lebih Tipis Dibandingkan Koin TEXAS -- Peneliti di Laboratorium Universitas Rice, Texas mengembangkan kamera kecil yang hanya terdiri dari sebuah sensor...

21 0

redaksi.co.id – Kamera Mini Ini Lebih Tipis Dibandingkan Koin

TEXAS — Peneliti di Laboratorium Universitas Rice, Texas mengembangkan kamera kecil yang hanya terdiri dari sebuah sensor chip. Kamera ini tidak lagi memerlukan lensa sebab fungsi lensa sudah digantikan oleh mikro chip tersebut.

Dilansir dari Dailymail, kamera ini merupakan sebuah prototipe FlatCam, sebuah kamera masa depan yang fleksibel dan dapat digunakan untuk keamanan dan bencana.

FlatCam mampu membuat kamera lipat yang digunakan sekali pakai. Tetapi tim pembuat kamera ingin tetap membuat kamera berbasis lensa yang dapat dipakai berulang kali. Peneliti di bidang listrik dab komputer bernama Richard Baraniuk dan Ashok Veeraraghavan berhasil menciptakan kamera ini.

Ukuran kamera ini bahkan lebih tipis dari uang koin. FlatCam mirip dengan mikro chip. Kamera ini menggunakan algoritma komputer yang terdeteksi oleh sensor. Kemudian dikonversi menjadi pengukuran gambar dan video.

“Kamera tradisional yang semakin kecil, maka sensor yang mereka miliki juga lebih kecil, ini berarti mereka mengumpulkan sangat sedikit cahaya,” ujar Veeraraghavan.

Biasanya, rendah tingginya cahaya kamera bergantung dari luasnya permukaan sensor. Selama ini semua disain kamera selalu kubus dan luas permukaan selalu berbanding dengan ketebalannya sehingga cahaya yang masuk lebih sedikit.

Semakin besar sensor kamera, maka ukuran kamera juga akan semakin besar. Keunggulan desain FlatCam ini adalah mampu meningkatkan cahaya sensor yang besar tetapi dengan perangkat yang sangat tipis.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!