Gitar Portabel Ini tak Berdawai dan Muat di Kantong

redaksi.co.id - Gitar Portabel Ini tak Berdawai dan Muat di Kantong LONDON -- Gitar merupakan salah satu alat musik yang menjadi favorit untuk dimainkan. Jika gitar...

30 0

redaksi.co.id – Gitar Portabel Ini tak Berdawai dan Muat di Kantong

LONDON — Gitar merupakan salah satu alat musik yang menjadi favorit untuk dimainkan. Jika gitar yang ada saat ini berukuran besar, bersiaplah untuk melihat ‘gitar ajaib’. Gitar ajaib ini bahkan tidak memiliki senar.

Dua peneliti dari Universitas College London, Suran Goonatilake dan Dr Mick Grierson mengembangkan gitar Kurv, instrumen gitar portabel. Dengan gitar Kurv, belajar bermain gitar bisa lebih mudah dan praktis.

Dilansir dari Dailymail, Rabu (25/11), gitar Kurv merupakan perangkat gitar tanpa dawai yang terbuat dari dua buah butiran plastik. Keduanya dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipetik di udara.

Suara yang dihasilkan berupa bunyi akustik, listrik dan bass. Gitar Kurv pun dirancang sensitif terhadap gerakan minimal. Untuk menambahkan efek bunyi tertentu, pengguna bisa membuat gerakan seperti membungkuk maupun gerakan pola segitiga.

Menurut sang perancang, Suran dan Mick, gitar Kurv memberi beberapa keuntungan bagi penggunanya. Pertama, praktis dan portabel karena berukuran kecil sehingga mudah digunakan berlatih di berbagai tempat.

Kedua, memudahkan gitaris pemula untuk belajar gitar. Ketiga, mengakomodasi penyandang tuna rungu yang ingin belajar gitar karena memiliki bantalan sentuh sebagai pengganti senar.

Gitar Kurv ini rencananya mulai dijual secara komersial pada September 2016. Gitar tanpa senar ini dibanderol seharga 150 poundsterling.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!