Jajaran Helikopter Termahal Dunia, Punya Jokowi Urutan Berapa?

redaksi.co.id - Jajaran Helikopter Termahal Dunia, Punya Jokowi Urutan Berapa? Presiden Joko Widodo di tahun depan bakal punya helikopter baru buatan Italia, sebagai pengganti helikopter super...

55 0

redaksi.co.id – Jajaran Helikopter Termahal Dunia, Punya Jokowi Urutan Berapa?

Presiden Joko Widodo di tahun depan bakal punya helikopter baru buatan Italia, sebagai pengganti helikopter super Puma yang sudah berumur. Helikopter yang dilakukan pengadaannya oleh TNI Angkatan Udara (TNI-AU) ini berjenis Agusta Westland AW 101 buatan Italia.

Helikopter yang bakal datang pada bulan April tersebut masuk daalam rencana strategis TNI AU. Capung besi yang bakal dipakai Jokowi blusukan ini berjenis VVIP atau very very important person. Tak heran, tunggangan ini termasuk salah satu yang termahal di dunia.

AgustaWestland adalah satu dari jajaran helikopter termahal dunia. Dikutip dari Digitaltrends, Kamis (26/11/2015), berikut 10 helikopter termahal di dunia.

1. Airbus H155

Heli ini dulunya dikenal dengan Eurocopter EC155. Kabin di helikopter mahal ini bisa menampung 8 hingga 12 penupnag, belum termasuk bagian kokpit dua kursi untuk pilot dan co pilot. Kaca jendela yang besar di sebelah kabin menawarkan penumpang pemandangan yang luas. Helikopter seharga US$ 10 juta atau sekitar Rp 137,3 miliar (Kurs: Rp 13.732/dolar) ini dilengkapi pendingin ruangan, hiburan, dan kursi empuk berbalut kulit. Helikopter ini juga bisa menjangkau jarak hingga 857 km dalam keadaan bahan bakar penuh.

2. AgustaWestland AW139

Di dunia industri helikopter, nama AgustaWestland sudah tak diragukan lagi. AW139 salah satu produk besutan produsen Italia ini termasuk heli yang termahal, harganya mencapai US$ 12 juta atau setara Rp 164,7. Jenis ini punya kabin paling luas di kelasnya dan tempat duduk yang bisa diatur sesuai keinginan. Helikopter ini juga bisa menjangkau jarak 1.250 km dengan kecepatan 206 km per jam.

3. Sikorsky S-76C

Helikopter canggih ini dilengkapi dua mesin turboshaft Turbomeca Arriel 1S1 dan dibuat lebih sedikit menggunakan suku cadang dibanding helikopter lain di kelasnya. Helikopter mewah ini bisa mengangkut 8 orang penumpang dan dibanderol dengan harga US$ 12,95 juta atau sekitar Rp 177,8 miliar.

4. AgustaWestland AW609

Lagi, produsen helikopter ini membuat produk yang menakjubkan. AW 609 adalah helikopter mpremium untuk para eksekutif. Kemampuan take off dan landing secara vertikal membuat helikopter ini bisa mendarat di mana saha. Selain itu juga helikopter yang dibanderol US$ 14 juta atau Rp 192,2 miliar ini juga terbang lebih cepat dari helikopter lain di kelasnya yaitu dengan kecepatan 510 km per jam dan bisa menjangkau jarak 1389 km.

5. Bell 525 Relentless

Bell 525 yang juga disebut relentless ini sebenarnya belum berredar di pasar. namun diyakini helikopter ini bisa menjadi salah satu pionir intik helikopter kelas super medium. Relentless bisa mengangkut hingga 20 penumpang dan dibanderol US$ 15 juta atau sekitar Rp 205,9 miliar.

6. Airbus AS332 L1e VIP Super Puma

Jenis helikopter Super Puma ini bisa mengangkut hingga 19 orang. Helikopter ini termasuk luas karena kabinnya bisa memuat lounges, dapur, juga kamar mandi. Produk besutan Airbus ini juga termasuk yang termahal karena dibanderol US$ 15,5 miliar.

7. Sikorsky S-92

Sikorsky S-92 hanya bisa memuat 10 penumpang, lebih sedikit dibanding heli lain di kelasnya. Namun, 10 penumpang tersebut bisa terbang dengan sangat nyaman dan mewah. S-92 menawarkan kursi terbuat dari kulit dan suhu udara yang bisa disesuaikan: panas atau dingin. Helikopter yang dibanderol US$ 17,7 juta atau sekitar Rp 243 miliar ini bisa menempuh jarak hampir 1.000 km, dengan kecepatan 280 km per jam.

8. AgustaWestland AW101

Ini lah helikopter yang bakal dikirim untuk Presiden Joko Widodo. Ini juga merupakan saah satu helikopter termewah yang diproduksi AgustaWestland. Ruangan di dalam kabin pun cukup luas, hingga bisa mengangkut penumpang sampai 30 orang. Dengan kecepatan maksimal 278 km per jam, helikopter ini bisa menembus jarak hingga 1.360 km, Soal harga, AW101 dibanderol US$ 21 juta atau sekitar Rp 288 miliar.

9. Airbus Super Puma H225

Raksasa seberat 11 ton ini dianggap sebagai helikopter paling mahal di dunia. Harganya mencapai US$ 27 juta atau sekitar Rp 370,7 juta. yang bisa menampung 20 orang ini tak asing karena sering dipakai regu penyelamat atau pengusaha-pengusaha kaya.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!