Rizal Ramli: Saham Newmont Bukan Dikasih Gratis

redaksi.co.id - Rizal Ramli: Saham Newmont Bukan Dikasih Gratis Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli angkat suara terkait rencana pengusaha Arifin Panigoro melaluiPT Medco Energi Internasional...

18 0

redaksi.co.id – Rizal Ramli: Saham Newmont Bukan Dikasih Gratis

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli angkat suara terkait rencana pengusaha Arifin Panigoro melaluiPT Medco Energi Internasional Tbk mempersiapkan pembangunan fasilitas pemurnian mineral atau smelter dalam rencanapengambilalihan 76 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) di tambang Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa TenggaraBarat.

Menteri yang dikenal dengan jurus ‘Si Rajawali Ngepret’ itu membeberkan alasan mengapa Newmont akan diberikan kepada Medco,bukan kepada badan usaha milik negara (BUMN). “Bukan dikasih, itu kesepakatan bussiness to bussiness,” ujarnya singkat di KantorKemenko Kemaritiman, Jakarta, Kamis (26/11).

Sebelumnya, pada Rabu (25/11), pengusaha Arifin Panigoro telah menemui Rizal Ramli untuk membahas rencana dan teknispengambilalihan saham termasuk pembangunan smelter.”Memang ada salah satu yang saat ini sedang dibahas yaitu mengenai kesanggupan membangun smelter. Kami komit, begitu kamimulai ini dan kepemilikan berubah, smelter ini jadi proyek yang diutamakan,” katanya.

Arifin menjelaskan pihaknya menyiapkan smelter berkapasitas produksi 500 ribu ton per hari dengan investasi sekitar 500 jutadolar AS hingga 600 juta dolar AS.”Sekarang produksi sekitar 400 ribu ton, dengan ukuran tembaga karena emasnya di sana tidak banyak, jadi kami bangunkapasitas 500 ribu ton,” katanya.

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!