Turki Rilis Rekaman 'Peringatan' untuk Jet Rusia

redaksi.co.id - Turki Rilis Rekaman 'Peringatan' untuk Jet Rusia Militer Turki telah merilis rekaman audio yang berisi peringatan pada pesawat Rusia yang melanggar wilayah udara Turki....

37 0

redaksi.co.id – Turki Rilis Rekaman 'Peringatan' untuk Jet Rusia

Militer Turki telah merilis rekaman audio yang berisi peringatan pada pesawat Rusia yang melanggar wilayah udara Turki. Dalam rekaman, pesawat Rusia telah diperingatkan untuk memutar haluan mereka saat memasuki wilayah Turki sebelum ditembak jatuh.

Seperti dilansir Aljazirah Rabu (25/11), menurut angkatan bersenjata Turki peringatan itu dikeluarkan oleh pangkalan udara di Diyarbakir dan bukan oleh pilot. Pelepasan rekaman pada Rabu malam muncul setelah pilot Rusia yang selamat mengatakan, tak menerima peringatan dari angkatan udara Turki.

“Tak ada peringatan, tak ada pertukaran informasi radio atau visual. Tak ada kontak sama sekali,” ujar pilot Konstantin Murakhtin kepada wartawan Rusia di pangkalan udara Moskow di Suriah.

Murakhtin mengatakan, pesawatnya tak memasuki wilayah udara Turki bahkan satu detik pun. “Saya bisa melihat dengan sempurna pada peta dan di darat di mana perbatasan itu dan di mana kita berada,” ujarnya.

Pesawat Rusia Sukhoi Su-24 ditembak jatuh pada Selasa (25/11), karena diduga melanggar wilayah udara Turki. Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu mengatakan, Murakhtin dan yang terlibat dalam operasi penyelamatan akan diberi penghargaan medali Pahlawan Rusia.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!