Banyak Warga Prancis Minta Dihapus Google

127

redaksi.co.id – Banyak Warga Prancis Minta Dihapus Google

SAN FRANSISCO — Setelah pengadilan Eropa memberikan hak penghilangan data orang di dunia maya. Perusahaan jasa dan produk internet, Google menerima 348.085 permintaan penghilangan data di Eropa.

Perusahaan yang berbasis di Silicon Valley, California ini baru menyetujui menghapus setengah permintaan, karena tetap mempertimbangkan hak publik untuk mendapatkan informasi.

Pada Rabu (25/11), Google mengungkapkan negara Eropa dengan permintaan penghapusan data terbesar adalah Prancis. Perusahaan internet raksasa ini pun mengalami perselisihan dengan pihak berwenang perlindungan data Prancis.

“Kami dapat menolak menghentikan permintaan penghilangan ini, jika kita menilai halaman URL ini berisi informasi yang sangat penting untuk kepentingan umum,” kata Google dalam laporan tersebut.

Permintaan tersebut setidaknya mengharuskan Google menghapis lebih dari 1,23 juta halaman internet (URL). Dan Google baru menyetujui 42 persen dari permintaan ini di mesin pencarian Eropa.

Perancis dengan jumlah permintaan penghapusan data terbesar, aplikasi terkait perhitungan akuntansi tercatat 73.399 aplikasi mencakup hampir seperempat juta URL.

Negara selanjutnya Jerman dengan permintaan penghapusan data 60.198 akan mencakup 220.589 URL. Dan di susul beberapa negara Eropa lain, seperti Inggris, Spanyol dan Italia.

Laporan tersebut juga menyebut jaringan media sosial terbesar untuk permintaan penghilangan. Facebook menjadi permintaan teratas penghapusan data pribadi, disusul profilengine.com dan 10 top situs seperti Youtube, Twitter, Badoo dan jaringan Google+.

(red//ur/sikin/MNA)

loading...

Comments

comments!