Teknologi Ini 100 Kali Lebih Cepat dari WiFi

186

redaksi.co.id – Teknologi Ini 100 Kali Lebih Cepat dari WiFi

NEW YORK – Ada teknologi baru yang mampu mentransfer data 100 kali lebih cepat dibanding Wifi. Teknologi tersebut bernama LiFi yang mengacu pada sistem komunikasi nirkabel yang menggunakan cahaya sebagai media transportasi, bukan frekuensi radio konvensional seperti WiFi.

Velmenni yang masuk menjadi finalis dalam kompetisi start up Slush 100 telah merancang sebuah sistem bernama Jugnu yang merupakan lampu LED cerdas. Sistem ini juga mampu mentransfer data melalui cahaya sehingga memungkinkan pengiriman data ke perangkat lain seperti internet dan ponsel.

Kami sedang melakukan proyek percontohan dalam beberapa industri berbeda di mana kita dapat memanfaatkan teknologi VLC, yakni teknologi komunikasi yang cepat bagai cahaya, kata CEO Velmenni, Deepak Solanki seperti dilansir dari Fox News, Kamis (26/11).

Para peneliti membuktikan kecepatan LiFi bisa mencapai hingga 224 GB per detik. Itu setara dengan mengunduh 18 film dalam sekejap mata. LiFi kini hendak dicoba di dunia nyata dengan tes perdana di kantornya di Tallin, Estonia. Kecepatannya mencapai 1 GB per detik , 100 kali melebihi kecepatan WiFi.

Keinginan masyarakat dunia yang ingin lebih memperbanyak data, tidak sejalan dengan WiFi yang memiliki batas kapasitas tertentu. WiFi bekerja dengan dengan mengirimkan data melalui gelombang radio, tetapi hanya dapat mampu mentransfer sejumlah data tertentu pada satu waktu.

Pada 2019, diperkirakan dunia akan bertukar sekitar 35 triliun byte informasi setiap bulan.

Karena frekuensi radio sudah banyak digunakan dan pemanfaatannya sangat diatur, maka data akan berupaya untuk menemukan tempatnya. Alhasil WiFi pun akan kehabisan ruang. Seperti gelombang radio, cahaya tampak (visible light) merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik.

Perbedaannya adalah cahaya ini memiliki spektrum 10 ribu kali lebih besar dari gelombang radio. Ini berarti LiFi memiliki potensi kapasitas besar. Cahaya akan memungkinkan mengirimkan informasi yang sama dengan menggunakan ribuan data secara bersamaan.

LiFi bekerja seperti kedipan lampu LED dan mempunyai kecepatan yang sangat tinggi.

(red/ris/ahyudianto/AW)

loading...

Comments

comments!