8 Perusahaan Besar Dunia yang Bermula dari Garasi Rumah

redaksi.co.id - 8 Perusahaan Besar Dunia yang Bermula dari Garasi Rumah Banyak orang berpikir jika ingin membangun bisnis yang sukses, Anda harus memiliki modal yang besar,...

30 0

redaksi.co.id – 8 Perusahaan Besar Dunia yang Bermula dari Garasi Rumah

Banyak orang berpikir jika ingin membangun bisnis yang sukses, Anda harus memiliki modal yang besar, kantor yang bagus serta karyawan yang profesional. Namun ternyata, tidak demikian. Tahukah Anda banyak perusahaan besar dunia yang ternyata memulai usahanya hanya dari garasi rumah. Tidak disangka, perusahaan tersebut kini telah berkembang pesat dan berhasil menjadi salah satu perusahaan terbaik dunia dengan aset triliunan.

Perusahaan apa sajakah itu? Ini daftarnya seperti yang dilansir dari laman inc.com, Senin (30/11/2015):

8. Maglite

Di tahun 1950, Tony Maglica kembali dari perang di Kroasia menuju Amerika. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang sangat minim, ia tinggal di Los Angeles dan bekerja apa saja semampunya.

Tahun 1955, setelah mengumpulkan uang sebanyak US$125, ia pun membeli sebuah mesin sederhana. Ia kemudian menciptakan sebuah pabrik senter dan merilis senter perdananya di tahun 1979. Saat ini, Maglite adalah peralatan senter standar yang digunakan polisi Amerika

7. Mattel

Harol Matt Matson dan Elliot Handler mendirikan Mattel di tahun 1945. Mereka mendirikan Mattel di sebuah garasi di Selatan California. Awalnya mereka membuat perusahaan yang bergerak di bidang pigura. Untuk memanfaatkan hasil kikisan kayu dari pigura, mereka kemudian membuat boneka agar tidak ada barang yang sia-sia.

Kemudian yang terjadi adalah boneka yang mereka jual jauh lebih laku dari pigura yang mereka jual sebelumnya. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengubah bisnis mereka hingga saat ini. Mattel kini bertransformasi menjadi perusahaan pembuat boneka terbesar di dunia.

6. Harley Davidson

Pada tahun 1901, William S. Harley menyusun rencana membuat mesin kecil untuk menyalakan sepeda. Selama dua tahun berikutnya, Harley dan teman masa kecilnya, Arthur Davidson, membangun sepeda motor di gudang kayu teman mereka di Milwaukee, Wisconsin. Mereka resmi mendirikan Harley-Davidson pada tahun 1903 yang kini jadi merek sepeda motor yang paling terkenal di dunia.

5. Disney

Sekitar 45 menit dari Disneyland Park di Anaheim, California, ada sebuahrumah di mana perusahaan Walt Disney bermula. Di tahun 1923, Walt Disneydan adiknya Roy pindah ke rumah paman mereka, Robert Disney. Di garasi

untuk satu mobil itu mereka mendirikan studio pertama Disney.

Walt adalah seorang kartunis yang sangat visioner. Dari studio tersebut, ia membuat kartun menjadi sebuah bentuk seni yang luar biasa termasuk menggabungkan animasi dengan live-action, menciptakan kartun pertama yang berbicara. Disney sekarang telah menjadi perusahaan yang mampu meraup keuntungan yang sangat besar.

4.Hewlett Packard (HP)

Salah satu perusahaan yang juga dimulai dari garasi adalah Hewlett Packard (HP). Bill Hewlett dan Dave Packard memulainya pada tahun 1939 di Palo Alto, California. Dari sana, mereka kemudian membuat perusahaan teknologi ternama. Selama bertahun-tahun, produksi perusahaannya berkembang menjadi komputer, printer dan teknologi lainnya. Tidak heran jika perusahaan ini diakui sebagai salah satu pemimpin dalam bidang komputasi, percetakan, dan gambaran digital, dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.

3. Google

Sebelum kita mengenal Google, orang-orang mungkin mengenal Yahoo sebagai browser untuk mencari informasi di internet. Namun, kemudian dua mahasiswa pascasarjana Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin mengembangkan program yang kita kenal Google. Mereka melakukannya di garasi Susan Wojcick (CEO Youtube).

Sebenarnya, tujuan awal mereka adalah untuk menciptakan sumber daya yang sederhana dalam mencari informasi di internet. Dalam perkembangannya, Google telah menjadi sumber daya utama bagi pelaku internet. Mereka kemudian membuat beberapa item dan sumber daya gratis seperti Gmail, Google maps dan Google Docs. Google juga telah diperluas dan sekarang memiliki hampir 200 properti lainnya termasuk YouTube dan Blogger.

2. Amazon

Siapa yang tidak mengenal Amazon? Salah satu perusahaan e-commerce terbesar dunia ini sangat populer di berbagai negara. Tapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa Amazon yang awalnya dibentuk sebagai toko buku online bermula di garasi milik Jeff Bezo di Washington pada tahun 1994. Sejak itu, Amazon telah menjadi pelopor belanja online dan kemudian bisnis penerbitan buku. Tidak hanya itu, Amazon juga telah memimpin pemasaran afiliasi, dan berbagai jasa bisnis lainnya. Yang menarik adalah, tidak ada yang menyangka, bisnis yang bermula dari garasi ini kini telah menjadi perusahaan yang sangat besar.

1. Apple

Ide bisa saja muncul ketika melihat situasi di lingkungan sekitar. Steve Jobs melihat adanya potensi yang besar dari hobi bermain komputer rekannya, Steve Wozniak. Sama dengan Jeff Bezo, pada tahun 1976, keduanya kemudian mengembangkan teknologi komputer di garasi milik Steve Jobs. Ide yang dikembangkan adalah memaksimalkan fungsi komputer untuk kebutuhan sehari-hari. Komputer itu terus berkembang dan diakui karena dapat memudahkan berbagai aktivitas manusia. Teknologi komputer tersebut kemudian diberi nama Apple. Dalam perkembangannya, Steve Jobs kemudian berinovasi termasuk dalam penciptaan iPod, iTunes, dan iPhone.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!