Cina Punya Robot Antiteror

redaksi.co.id - Cina Punya Robot Antiteror BEIJING -- Serangkaian robot serangan yang dirancang untuk memerangi terorisme telah diluncurkan di Cina. Kantor berita Xinhua menyatakan robot serangan...

17 0

redaksi.co.id – Cina Punya Robot Antiteror

BEIJING — Serangkaian robot serangan yang dirancang untuk memerangi terorisme telah diluncurkan di Cina. Kantor berita Xinhua menyatakan robot serangan merupakan tiga perangkat baru anti teror yang diresmikan oleh Cina.

Diantara robot tersebut terdapat mesin mainan yang membawa senapan dan peluncur granat untuk digunakan di garis depan. Robot yang diresmikan di Konferensi Robot Dunia 2015 pada pekan lalu di Beijing ini dapat saling berkoordinasi di medan perang. Salah satu robot akan digunakan untuk misi pengintaian awal.

Kemampuan lainnya dapat mendeteksi gas beracun, bahan kimia berbahaya dan bahan peledak serta mengirim data yang kembali ke tentara. Jika misi pengintaian menemukan sesuatu yang salah, robot lain yang dikenal sebagai mesin ordinance disposal (EOD) akan dikirim untuk mengatasi situasi.

Dalam situasi yang berbahaya sebuah robot penyerang memiliki senjata ringan kaliber, senapan recoilless dan peluncur granat yang akan diturunkan. “Dengan teleskop penampakan, pemicu aman dipasang, penyerang dapat mencapai target dari jarak jauh,” sebut Xinhua dilansir dari laman Dailymail, Senin (30/11).

EOD robot beratnya sekitar 12 kilogram dan dapat dibawa di punggung seorang prajurit. Ini dirancang untuk membantu mereka saat melakukan misi solo. Diperkirakan bahwa kepolisian setempat di Beijing menjadi salah satu pembeli untuk tiga robot ini.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!