Arab Saudi Segera Bangun Gedung Tertinggi Dunia Senilai Rp 16,8 Triliun

redaksi.co.id - Arab Saudi Segera Bangun Gedung Tertinggi Dunia Senilai Rp 16,8 Triliun Arab Saudi tengah mempersiapkan proyek pembangunan gedung tertinggi di dunia, yang akan diberi...

39 0

redaksi.co.id – Arab Saudi Segera Bangun Gedung Tertinggi Dunia Senilai Rp 16,8 Triliun

Arab Saudi tengah mempersiapkan proyek pembangunan gedung tertinggi di dunia, yang akan diberi nama ‘Kingdom Tower’.

Dikutip dari Daily Mail, gedung yang akan dibangun di kota Jeddah itu bahkan ditargetkan mengalahkan rekor Burj Khalifa, yang kini masih menjadi gedung tertinggi di dunia.

Kingdom Tower akan berdiri setinggi satu kilometer dan dibangun terdiri dari 170 lantai.

Tingginya itu jelas mengalahkan Burj Khalifa, yang hanya setara 828 meter.

Gedung tersebut akan digunakan menampung fasilitas perkantoran dan hotel pada area lantai bawah, apartemen pada area lantai menengah, dan dek observasi untuk menikmati pemandangan pada area lantai atas.

Secara fisik, gedung yang diperkirakan beroperasi pada 2018 itu memiliki kesamaan desain penampilan seperti Burj Khalifa, yaitu berbentuk semakin mengerucut pada bagian atasnya.

Kingdom Tower merupakan proyek kembangan Kingdom Holding Co., yang didanai oleh sejumlah perusahaan lain seperti Jeddah Economic Company dan Alinma Investment.

Kingdom Holding Co. dikepalai oleh putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal.

Diestimasikan pembangunan Kingdom Tower akan memakan Rp 16,8 triliun.

Namun, menurut News.com.au, nampaknya predikat gedung tertinggi dunia tak akan lama dipegang oleh Kingdom Tower, sebab Irak kabarnya tengah merencanakan pembangunan gedung “super tinggi”.

Proyek pembangunan ‘Bride Tower’ di Basra, Irak, dikatakan akan menghasilkan sebuah gedung 230 lantai setinggi 1,15 kilometer.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!