Kebiasaan Ini Buat Tabungan Cepat Bertambah

189

redaksi.co.id – Kebiasaan Ini Buat Tabungan Cepat Bertambah

Tabungan merupakan aset berharga yang pasti berguna untuk masa depan. Namun, menabung ternyata bukan suatu hal yang mudah karena ada saja kendala yang harus dihadapi saat kita mulai menyisihkan uang untuk ditabung.

Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa kebiasaan baik ini agar tabungan bisa bertambah, seperti yang dilansir dari laman Erstarnews.com, Rabu (2/12/2015).

1. Sisihkan tabungan saat menerima gaji

Saat menerima gaji, sisihkan uang tabungan dan biarkan mengendap di rekeningmu. Jangan menabung karena Anda memiliki sisa gaji bulanan karena dengan pemikiran seperti itu, tabungan Anda justru tidak akan bertambah.

2. Tetapkan tujuan jangka panjang dan pendek

Menetapkan tujuan untuk jangka panjang dan jangka pendek harus dilakukan jika tujuanmu menabung ingin tercapai.

Misalnya, dalam jangka pendek, Anda ingin membeli laptop baru sementara dalam jangka panjang ingin memiliki sebuah rumah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencapai tujuan jangka pendek terlebih dahulu. Setelah itu, barulah menabung untuk tujuan jangka panjang.

3. Tetapkan jadwal

Setelah menentukan tujuan menabung, tetapkanlah jadwal mengenai kapan akan membeli barang yang diperlukan tersebut dan kapan harus memiliki sesuatu dalam tujuan jangka panjangmu.

Misalnya saja, untuk membeli laptop baru, Anda membutuhkan waktu dua bulan. Setelah itu, tetapkan jadwal baru untuk memiliki rumah baru dalam waktu tiga tahun.

4. Catat pengeluaran

Mencatat pengeluaran biasanya jarang dilakukan. Padahal hal tersebut merupakan bagian penting yang bisa membantumu merencanakan tabungan masa depan. Catatlah setiap pengeluaran untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan selama sebulan dan berapa banyak sisa uang yang bisa ditabung nantinya.

5. Pangkas pengeluaran yang tak penting

Setelah mencatat pengeluaran, Anda pasti akan menemukan bagian mana saja yang bisa dipangkas dan tidak. Jika biasanya Anda melakukan wisata kuliner sebanyak dua kali dalam seminggu setelah gajian, maka pangkaslah pengeluaran tersebut menjadi satu kali saja.

6. Berhenti pakai kartu kredit

Meskipun terlihat memudahkanmu dalam membeli sesuatu, namun kartu kredit sebenarnya akan menyulitkanmu pada saat penagihan. Untuk itu, gunakan uang cash saat berbelanja dan berhentilah pakai kartu kredit.

(red/udianto/R)

loading...

Comments

comments!