Menteri ESDM: Pemprov Papua Berpeluang Miliki Saham Freeport

195

redaksi.co.id – Menteri ESDM: Pemprov Papua Berpeluang Miliki Saham Freeport

Pemerintah Provinsi Papua berpeluang memiliki saham PT Freeport Indonesia, jika harga yang ditawarkan setiap lembar sahamnya sesuai anggaran yang mereka miliki.

“Akan ada valuasi berapa nilainya. Kemudian nanti pemda akan dilibatkan, diberi kesempatan,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said di DPR, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Sudirman membeberkan skema jika pemerintah pusat dan daerah tidak mampu memiliki saham PT Freeport, BUMN yang akan membeli dan opsi terakhir jika anggaran negara tidak kuat baru swasta bisa masuk.

Mengenai proses divestasi tersebut, Sudirman mengaku sudah mendapat surat Freeport yang isinya hanya meminta ketegasan dan kejelasan skema divestasi saham milik mereka.

“Jadi sudah dijelaskan bahwa Freeport sudah bikin surat meskipun bukan berupa penawaran tetapi penawaran akan dilakukan setelah mekanismenya cukup jelas,” ungkap Sudirman.

Sudirman telah menerima surat Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, yang menyatakan kesiapannya mengambil saham Freeport melalui dua perusahaan BUMN yakni PT Antam dan PT Inalum.

“Begitu pun Menteri BUMN sudah mengirimkan surat kepada Menteri ESDM yang isinya menyampaikan kesiapannya bahwa BUMN masuk ke dalam proses ini,” kata Sudirman.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!