Menteri ESDM Peringatkan Bos Freeport Tidak Bergaul dengan Orang Politik

265

redaksi.co.id – Menteri ESDM Peringatkan Bos Freeport Tidak Bergaul dengan Orang Politik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengingatkan kepada CEO Freeport-Mcmoran Inc James R Moffet agar jangan dekat dengan orang politik.

Jika ingin mengurusi masalah kontrak karya, Sudirman meminta pria yang akrab dipanggil Jim Bob berkoordinasi dengan pemerintah saja, tanpa perlu meminta bantuan pemangku politik.

“Saya tidak ingin anda (Jim Bob) berkeliling ke teman-teman politik untuk menekan saya,” ujar Sudirman di Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Sudirman menegaskan Freeport harus mengubah sikap dan pola pikirnya saat ini. Pasalnya adanya pemerintahan Presiden Joko Widodo, Sudirman memaparkan negara sudah lebih pintar karena memiliki banyak ahli tambang.

“Saya minta lihatlah Indonesia tidak seperti anda masuk 30 sampai 40 tahun lalu. Anda berhadapan dengan pemerintah yang berbeda,” ungkap Sudirman.

Sudirman meminta agar Freeport bisa adil dalam membahas kajian kontraknya secara mendalam. Mantan Direktur Utama PT Pindad tak mau Freeport-Mcmoran Inc mencari jalan pintas untuk memperpanjang kontrak dan mengeksplorasi tambang di Indonesia.

“Saya ingin kajian profesional. Jika bertemu siapapun seolah akan mempengaruhi ini suatu yang salah,” papar Sudirman.

Sudirman menambahkan, semua tindakan yang ia lakukan saat ini merupakan pesan Presiden Joko Widodo agar memperbaiki sektor energi.

“Saya merasa diberi mandat Presiden, selain mengelola sektor ini, juga harus ada inisiatif membersihkan sektor ini dari pemburu rente,” kata Sudirman.

(red/ris/ahyudianto/AW)

loading...

Comments

comments!