Menteri Susi dorong Garuda buka penerbangan Jakarta-Moskow

217

redaksi.co.id – Menteri Susi dorong Garuda buka penerbangan Jakarta-Moskow

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendorong Garuda Indonesia membuka penerbangan langsung Jakarta-Moskow.

Ini untuk menggenjot kunjungan turis dari Negeri Beruang Putih tersebut.

Untuk itu, Susi bakal berbicara dengan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Arif Wibowo, direktur utama maskapai penerbangan pelat merah tersebut.

“Kami nanti ngobrol dengan Pak Arif Wibowo, tentu saya harus izin dulu dengan Ibu Rini, saya mau approach,” kata Susi dalam forum bisnis Indonesia-Rusia, Jakarta, Rabu (2/12).

Menurut Susi, Indonesia bisa menarik keuntungan dari ketegangan antara Rusia dengan sejumlah negara.

“Dengan beberapa kejadian yang sebetulnya tidak diinginkan, kita bisa manfaatkan. Contoh persoalan yang sekarang terjadi dengan Turki atau Mesir misalnya. Kan turis Rusia banyak ke dua negara ini, mereka bisa ditarik ke Indonesia.”

Ketua Dewan Bisnis Indonesia Rusia (IRBC) Didie W. Soewondho menambahkan Emirsyah Sattar, bos Garuda terdahulu, sempat berencana membuka penerbangan ke Moskow. Itu bakal menggunakan pesawat anyar Garuda.

“Zaman Pak Emir sudah ada rencana. Katanya nunggu pesawat baru,” katanya. “Sekarang kami tagih apa program itu masih ada. Kami harap tetap ada,” jelas Didie.

Di sisi lain, Didie juga sudah mendorong asosiasi agen perjalanan wisata Indonesia (Asita) untuk menjual 25 ribu tiket penerbangan Indonesia-Rusia

“Nah tugasnya maskapai Indonesia, apa itu Garuda, Lion Air atau siapa saja untuk angkut ini,” katanya.

“Apalagi tadi disebutkan ada kesempatan/ Sebanyak 6 juta turis Rusia pergi ke Turki dan Mesir per tahun. Sekarang mendadak karena ada perang dan embargo itu, mereka nggak tahu pergi kemana.”

Sebelumnya, kata Didie, ada Trans Aero, maskapai penerbangan sewaan yang membawa turis Rusia berkunjung ke sejumlah lokasi di Tanah Air.

Namun, kini, nonaktif lantaran alami sejumlah kendala.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!