Dorong Freeport IPO, Dirut BEI Terbang ke Papua

redaksi.co.id - Dorong Freeport IPO, Dirut BEI Terbang ke Papua Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio terbang ke Papua, untuk menjelaskan ke manajemen...

6 0

redaksi.co.id – Dorong Freeport IPO, Dirut BEI Terbang ke Papua

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio terbang ke Papua, untuk menjelaskan ke manajemen PT Freeport Indonesia terkait proses divestasi melalui pelaksanaan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

“Saya berangkat Minggu malam dan sampai di sini Selasa,” ujar Tito di gedung BEI, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Ketika di Freeport, dirinya bertemu dengan Presiden Direktur Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dan Gubernur Papua untuk menjelaskan proses IPO dan mereka bertanya apakah memungkinkan divestasi melalui Bursa dan apakah bisa dibatasi pembeli sahamnya hanya investor lokal.

“Saya katakan, sangat memungkinkan untuk IPO dan dapat dibatasi hanya orang Indonesia yang membeli sahamnya,” ujar Tito.

Untuk pembatasan hanya investor lokal yang dapat membeli saham Freeport, kata Tito, perusahaan tersebut perlu melakukan permintaan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar dibuat aturannya dan hal ini pun telah dijalankan di Bursa Malaysia untuk tiap privatisasi maka 30 persen harus investor lokal.

“Itu kesepakatan mereka jual dan minta izin ke OJK, secara perdagangan BEI pun sudah bisa memprotek jika ada pembelian hanya orang Indonesia,” tuturnya.

Jika divestasi saham Freeport terlaksana melalui IPO, maka Tito berharap yang menjadi prioritas pemegang sahamnya yaitu BPJS, Jamsostek, Taspen, Asbri, dana pensiun atau asuransi rakyat Papua.

“Buat saya itu prioritas, supaya rakyat Indonesia dan rakyat Papua bisa menikmati secara khusus. Kalau Pemda (Papuaa) masuk duluan (membeli saham IPO Freeport), silahkan saja, dimungkinkan itu. IPO adalah jalan terbaik agar pemerataan pendapatan melalui kepemilikan,” papar Tito.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!