Klub Liga Inggris Dominasi Daftar 10 Tim Terkaya di Dunia

301

redaksi.co.id – Klub Liga Inggris Dominasi Daftar 10 Tim Terkaya di Dunia

Klub-klub di Liga Inggris mendominasi daftar 10 klub terkaya di dunia. Mereka menduduki lima tempat dari 10 klub terkaya. Sementara klub asal Italia dan Spanyol masing-masing hanya mendapat dua tempat dan satu tempat lainnya diisi oleh Bayern Munchen dari Jerman.

Kelima klub terkaya asal Inggris itu adalah Manchester United, Mancester City, Chelsea, Arsenal dan Liverpool. Manchester United masih menjadi klub terkaya di Inggris dengan nilai 2,05 miliar poundsterling atau sekitar Rp 41,7 triliun.

Nilai itu membuat mereka berada di posisi ketiga klub terkaya di dunia. Seluruh saham setan merah dikuasai oleh keluarga pengusaha asal Amerika Serikat, keluarga Glazer.

Manchester City, yang baru saja mendapat suntikan modal dari investor Cina, berada di tempat keempat klub terkaya di dunia. Manchester City diperkirakan bernilai 1,98 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 41,1 triliun rupiah.

Sebagian besar saham City kini dimiliki oleh The City Football Group yang merupakan perusahaan buatan pangeran Kerajaan Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour.

Sementara sebagian kecil saham klub itu dimiliki oleh China Media Capital. Chelsea berada di posisi keenam klub terkaya di dunia. Klub yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh taipan minyak Rusia, Roman Abramovich, itu bernilai 907 juta poundsterling atau setara dengan Rp 18,8 triliun.

Lain halnya dengan Arsenal, yang berada di posisi ketujuh dengan nilai 865 juta poundsterling atau setara dengan Rp 17,9 triliun. Mayoritas saham Arsenal dimiliki oleh pengusaha asal Amerika Serikat Stan Kroenke.

Sementara pengusaha asal Rusia, Aliser Usmanov, dan pengusaha asal Inggris keturunan Iran, Farhad Moshiri, menjadi pemegang saham minoritas. Liverpool yang dimiliki oleh perusahaan asal Amerika, Fenway Sports Group, berada di posisi kedelapan klub terkaya di dunia.

The Reds ditaksir bernilai 650 juta poundsterling atau setara dengan Rp 13,4 triliun. Posisi klub terkaya masih ditempati Real Madrid dengan nilai 2,16 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 44,8 triliun.

Seluruh saham Madrid dikabarkan dimiliki oleh para supporternya. Sementara rival terberat Real Madrid, Barcelona, berada di posisi kedua dengan nilai 2,095 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 43,4 triliun. Sama seperti Madrid, saham Barcelona juga dimiliki oleh para suporter.

Klub Jerman, Bayern Munchen, menjadi klub terkaya kelima di dunia dengan 1,5 miliar poundsterling atau sekitar Rp 31,1 triliun rupiah. Saham Munchen 75 persn diantaranya dimiliki oleh anggota klub.

Sementara tiga perusahaan besar asal Jerman – Adidas, Audi dan Allianz – masing-masing memiliki 8,3 persen saham The Bavarians.

Dua klub Italia, Juventus dan AC Milan, berada di posisi paling buntut daftar 10 klub terkaya di dunia. Juventus yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh keluarga Agnelli dinilai seharga 554 juta poundsterling atau setara dengan Rp 11,4 triliun.

Sementara AC Milan yang dimiliki oleh mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, ditaksir memiliki nilai 513 juta poundsterling atau setara dengan Rp 10.6 triliun. DAILYMAIL|FEBRIYAN

(red/hmad/yaiku/AS)

loading...

Comments

comments!