Lantunan Mirip Azan Jadi Musik Latar Anime

redaksi.co.id - Lantunan Mirip Azan Jadi Musik Latar Anime JAKARTA -- Netizen dan khususnya penggemar anime Jepang dibuat cukup terkejut dengan salah satu lagu latar, background...

30 0

redaksi.co.id – Lantunan Mirip Azan Jadi Musik Latar Anime

JAKARTA — Netizen dan khususnya penggemar anime Jepang dibuat cukup terkejut dengan salah satu lagu latar, background music (BGM) anime Noragami Aragoto. Hal ini karena, lantunan kalimat yang mirip azan terdengar jelas di dalam salah satu BGM Noragami Aragoto, Push Buttons.

Musik latar ini juga mulai menuai kontroversi ketika salah seorang netizen mengunggah video Push Buttons pada laman YouTube melalui akun AeonCaelum pada 28 November lalu. Dalam BGM berjudul Push Button tersebut, potongan lantunan yang mirip adzan yang di-remix dan menyatu dengan musik dapat terdengar dengan cukup jelas.

Asyhadu alla ilaha illallah” merupakan potongan lantunan azan yang terdengar dalam rangkaian BGM tersebut. Kemudian pada menit ke 0:29, potongan lantunan azan selanjutnya yaitu asyhadu anna Muhammadar rasulullah juga ikut terdengar.

Masing-masing dari kedua kalimat adzan yang juga merupakan kalimat syahadat ini diulang setidaknya dua kali dalam BGM tersebut, meski tidak sempurna karena telah melalui proses editing atau remix. Selain kedua kalimat tersebut beberapa lantunan adzan juga ikut diperdendangkan dalam lagu yang memiliki durasi normal 2:16 menit tersebut.

Video BGM Push Buttons yang diunggah oleh AeonCaelum dengan judul Noragami Aragoto OST 31 – Push Buttons tersebut kemudian menuai berbagai komentar. Selain mendulang berbagai pro dan kontra, video BGM Push Buttons itu sendiri mendapatkan 3.205 “dislikes” dan 730 “likes” per 2 Desember 2015 ini.

Pemilik akun AeonCaelum pun kemudian menyadari tentang kontroversi yang terjadi pada lagu yang ia unggah. Akan tetapi pemilik akun AeonCaelum menyatakan tidak akan menghapus video tersebut karena menilai lagu Push Buttons merupakan aransemen musik yang indah.

“Jika anda ingin mengutarakan ketidaksukaan, temui saja pembuat lagunya. Terima kasih,” tulis pemilik akun AeonCaelum pada Selasa (1/12).

Push Buttons merupakan BGM yang turut menjadi pelengkap pada anime Noragami Aragoto. Lagu yang diaransemen dan diproduseri oleh Taku Iwasaki ini juga terdapat pada CD kedua dengan nomor track 13 dalam album Original Soundtrack 2, Noragami No Oto (Arti: Suara Noragami).

Noragami merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari komik berjudul sama yang diterbitkan oleh Kodansha. Anime yang memiliki tema yang kental tentang dewa ini kemudian berhasil menarik penonton dan dilanjutkan ke dalam season kedua yang diberi judul Noragami Aragoto. Saat ini, season kedua dari anime Noragami ini masih terus berlanjut dan sedang memasuki episode kesepuluh.

Video Youtube tersebut bisa didengar di sini

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!