Riwayat Hiu Madagaskar yang Kian Terancam

redaksi.co.id - Riwayat Hiu Madagaskar yang Kian Terancam MADAGASKAR -- Sudah 40 tahun berlalu sejak film Jaws pertama kali dirilis. Sekuel demi sekuel film Hollywood itu...

4 0

redaksi.co.id – Riwayat Hiu Madagaskar yang Kian Terancam

MADAGASKAR — Sudah 40 tahun berlalu sejak film Jaws pertama kali dirilis. Sekuel demi sekuel film Hollywood itu berhasil menyita ketegangan penonton dengan cerita-cerita predator penuh dendam yang menguntit di perairan dangkal.

Pada 1970-an, gambaran tersebut begitu nyata di Madagaskar. Perairan sekitar pulau itu begitu penuh hiu. Orang tua benar-benar harus memberitahu anak-anak mereka untuk tidak berenang di pantai.

“Ayah saya biasa mengatakan, jangan pergi jauh dari desa karena ada banyak hiu,” kenang Lydia Lamy, yang dibesarkan di Andavadoaka, sebuah desa berpenghuni sekitar 3.500 jiwa. Letaknya, sekitar delapan jam perjalanan dari barat daya kota Toliara.

Lamy begitu takut digigit hiu. Ia hanya akan pergi berenang pada saat air surut. Tapi, sekarang semua sudah banyak berubah. Dengan tenang, perempuan itu kini mengizinkan anak-anaknya menceburkan diri di birunya perairan sekitar pulau.

Dilansir dari Al Jazeera, Senin (30/11), dengan 100 juta hiu dibunuh setiap tahun di Madagaskar, ketakutan orang telah berubah. Mereka kini khawatir pada kelangsungan hidup spesies tersebut. Apalagi, masyarakat nelayan di Madagaskar telah secara historis menggantungkan mata pencaharian mereka pada hiu.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!