Segel Alkitab Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

redaksi.co.id - Segel Alkitab Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem Arkeolog Israel mengaku telah menemukan potongan artefak yang diperkirakan merupakan segel alkitab milik raja. Artefak itu...

6 0

redaksi.co.id – Segel Alkitab Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Arkeolog Israel mengaku telah menemukan potongan artefak yang diperkirakan merupakan segel alkitab milik raja. Artefak itu diduga berusia 2.700 tahun.

BBC News melaporkan pada Kamis (3/12), artefak berbentuk oval pernah melekat pada dokumen papirus yang ditandatangani oleh salah satu raja Yehuda, Hizkia. Benda ditemukan oleh tim Universitas Ibrani Yerusalem di samping tembok yang mengililingi Kota Tua Yerusalem.

Artefak diperkirakan dibuang dengan sampah dari bangunan kerajaan. Artefak dicetak dengan simbol matahari bersayap dan sebuah prasasti dengan skip Ibrani kuno menyebut, ini sebagai milik Hizkia.

Benda yang disebut Bulla itu pertama kali ditemukan pada 2009, tapi dimasukkan ke dalam penyimpanan kembali setelah pemeriksaan awal gagal menemukan asalnya. Baru-baru ini arkeolog kembali memeriksa prasasti tersebut.

Eliat Mazar dari Institut Arkeologi Universitas Ibrani Yerusalem mengatakan, bulla menyegel dokumen yang tertulis di papirus yang digulung dan diikat tali tipis. “Ini adalah pertama kalinya materai raja Israel atau Yehuda ditemukan dalam penggalian arkeologi ilmiah,” katanya.

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!