Fakta-fakta Unik dan Menarik Ini Hanya Ada di PS TNI

redaksi.co.id - Fakta-fakta Unik dan Menarik Ini Hanya Ada di PS TNI Penampilan Persatuan Sepak Bola (PS) TNI di Piala Jenderal Sudirman 2015 sejauh ini ciamik....

40 0

redaksi.co.id – Fakta-fakta Unik dan Menarik Ini Hanya Ada di PS TNI

Penampilan Persatuan Sepak Bola (PS) TNI di Piala Jenderal Sudirman 2015 sejauh ini ciamik. Empat kali tampil selalu memukau. 11 poin yang dikantongi mengukuhkan PS TNI sebagai pemimpin klasemen Grup C.

PS TNI yang awalnya disebut sebagai tim Kuda hitam, secara mengejutkan mampu membungkam mulut-mulut yang sempat meremehkan mereka. PS TNI menjelma menjadi tim yang kuat dan sulit ditembus oleh musuh.Jika dibandingkan dengan pemain tim lain, ada beberapa hal unik dan menarik yang hanya ada di PS TNI. Di antaranya adalah selebrasi para pemain saat mencipta gol, yang selalu bersikap hormat ala militer.Seperti yang terlihat saat PS TNI menciptakan gol pertama di gawang Surabaya United, Minggu (15/11). Kapten Legiman Raharjo berlari ke pinggir lapangan diikuti 10 pemain lainnya. Bak upacara militer, Legiman yang berhasil mencetak gol mengangkat tangan yang diikuti para pemain.Selain pemain PS TNI, kehadiran suporter juga tak kalah menghebohkan. Ribuan pasukan itu selalu tampil bersemangat menyanyikan yel-yel selama pertandingan.{content-split}”Itu doktrin yang kita terapkan bagaimana caranya dalam waktu 90 (pertandingan) tidak ada yang diam. Jadi mereka datang ke stadion bukan untuk menonton, tapi jadi suporter. Jadi harus jadi suporter,” kata Kepala Penerangan Divisi Infanteri 2 Kostrad, Kapten Bonny Vidri Anggoro kepada merdeka.com, Selasa (1/12).Para suporter PS TNI itu didatangkan dari tiga kesatuan. Yaitu TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut. Ada juga pasukan dari kesatuan elite Marinir dan Paskhas. Doktrin mereka adalah semangat jiwa korsa.”Jadi kita tahu kita sendiri TNI memiliki semangat motivasi jiwa korsa. Jadi lihat rekan bertanding, jiwa korsa membela, mendukung, tercipta dengan sendirinya,” ujar Bonny.Meski suporter PS TNI terdiri dari beberapa kesatuan, Bonny mengaku tidak kesulitan mengaturnya. Termasuk soal yel-yel yang memang sudah melekat di masing-masing personel. Menurut dia, tidak ada yel-yel khusus dari pendukung selama PS TNI bertanding.”Yel-yel dari tiga kesatuan kita jadikan satu. Jadi sampai durasi 90 menit,” lanjut Bonny.{content-split}Dalam setiap pertandingan PS TNI, ribuan suporter selalu dikerahkan. Seperti Divisi 2 Kostrad yang menurunkan 1.200 anggotanya.”Satuan Kodam 5 itu mungkin sama seribuan juga, ditambah dengan kekuatan Marinir dan Angkatan Udara yang menembus angka lima ribu,” ucap Bonny.Ada hukuman bagi yang ketahuan tak serius mendukung. Mereka harus pulang jalan kaki, tak boleh bareng rombongan meskipun pertandingan digelar di luar kota.”Kalau suara masih belum serak, belum maksimal, belum menjadi suporter. Pulang harus jalan kaki,” terang Bonny.Selain itu, Bonny menjelaskan, hukuman lain bagi suporter yang enggak serius mendukung akan diusir dari tribun.{content-split}”Yang diam hukumannya kita usir dari tribun,” ancamnya.Di antara sekian kesatuan yang berpartisipasi, diakui Bonny sejauh ini yang kreatif adalah suporter dari pasukan Marinir dan Paskhas.”Kalau saya menilai yang bagus yang kreatif Marinir dan Paskhas. Mereka lebih berani untuk menampilkan kostum yang berbeda, unik,” ujarnya.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!