Metode Baru Penyembuhan Kusta

Surabaya - redaksi.co.id, Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin asal Jawa Tengah, dr. Renny Yuniati SpKK, berhasil menemukan metode baru untuk pencegahan penyakit kusta. Metode baru...

172 0

Surabaya – redaksi.co.id, Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin asal Jawa Tengah, dr. Renny Yuniati SpKK, berhasil menemukan metode baru untuk pencegahan penyakit kusta. Metode baru ini dilakukan untuk mencegah kecacatan penderita penyakit kusta pada tahap awal.

“Seluruh penderita kusta kerap mengalami kecacatan. Kecacatan fisik itu akibat  luka yang meradang. Peradangan disebabkan menurunnya ketahanan tubuh penderita lantaran penggunaan obat anti radang yang digunakan dalam jangka waktu lama. Faktor lain penurunan kekebalan tubuh juga diakibatkan oleh tingkat stress dan fisik yang tidak fit,” urai Renny (24/2) kepada redaksi.co.id.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pencegahan bisa dimulai dari lingkungan dimana penderita hidup. Artinya, keluarag, tetangga dan lingkungan harus bisa mengantisipasi dan melakukan tindakan pencegahan. Selain itu, pemberian obat sejak dini saat penderita terdeksi kusta adalah hal penting guna mencegah kerusakan jaringan tubuh yang mengakibatkan kecatatan.

“Saat ini jumlah penderita kusta di Indonesia sangat tinggi. Bahkan, Indonesia berada pada urutan ketiga setela India dan Brazil. Sedangkan Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki penderita kusta tertinggi di Indonesia,” tambahnya.(ern)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!