Melanie Subono Tolak Reklamasi Pantai Jakarta

redaksi.co.id - Melanie Subono Tolak Reklamasi Pantai Jakarta ADA yang berbeda dengan demonstrasi penolakan reklamasi yang digelar oleh nelayan Teluk Jakarta Rabu, (2/12/2015).Di antara puluhan nelayan...

18 0

redaksi.co.id – Melanie Subono Tolak Reklamasi Pantai Jakarta

ADA yang berbeda dengan demonstrasi penolakan reklamasi yang digelar oleh nelayan Teluk Jakarta Rabu, (2/12/2015).

Di antara puluhan nelayan Teluk Jakarta yang berjalan kaki dari lapangan sepak bola Muara Angke menuju kawasan Green Bay, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, tampak artis .

Menurut Melanie, reklamasi di Teluk Jakarta dapat merusak lingkungan. “Hingga saat ini pun pemerintah tak pernah mengeluarkan kajian ilmiah ihwal reklamasi,” tuturnya, Rabu, (2/12/2015).

Menurut pantauan Tempo, puluhan nelayan Teluk Jakarta yang tergabung dalam Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia Jakarta dan beberapa aktivis Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, Wahana Lingkungan Hidup Jakarta, dan Solidaritas Perempuan menolak pembangunan Pulau G yang tengah dikerjakan PT Muara Wisesa Samudera. Saat hendak menuju kawasan Green Bay, nelayan dan aktivis sempat dihadang petugas keamanan dari pusat perbelanjaan dan apartemen di kawasan Green Bay.

Alhasil, nelayan dan aktivis tak bisa masuk ke kawasan Green Bay. Mereka pun secara bergantian berorasi di jalan.

Melanie menduga banyak pihak yang mencari keuntungan dari adanya proyek reklamasi. “Program reklamasi ini hanya mainan dan banyak yang cari uang di dalamnya,” ucapnya.

Selain itu, Melanie menyesalkan sikap Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama yang memberikan izin kepada pengembang untuk membangun pulau buatan itu. Dia menegaskan banyak seniman lain yang menolak program reklamasi tersebut.

TEMPO

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!