7 Resep Ampuh Atur Duit ala Orang Terkaya Dunia

redaksi.co.id - 7 Resep Ampuh Atur Duit ala Orang Terkaya Dunia Siapa yang tidak mengenal Warren Buffet? Miliarder satu ini dikenal sebagai salah satu sosok panutan...

23 0

redaksi.co.id – 7 Resep Ampuh Atur Duit ala Orang Terkaya Dunia

Siapa yang tidak mengenal Warren Buffet? Miliarder satu ini dikenal sebagai salah satu sosok panutan dalam dunia bisnis dan investasi. Namun di balik kesuksesannya yang cemerlang, miliarder berkacamata ini juga dikenal masyarakat sebagai sosok yang humoris yang sering memberikan nasehat berharga dalam dunia finansial dan ekonomi.

Beberapa nasehat Buffet seringkali telah dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan bisnis dan investasi. Pria berusia 85 tahun ini memang mampu memberikan pemahaman berharga akan bagaimana perputaran uang sebenarnya bekerja dan apa yang dapat Anda lakukan agar dapat menumbuhkan kekayaan yang diidam-idamkan.

Dilansir dari laman gobankingrates.com, Jumat (4/12/2015) berikut beberapa nasehat berharga dari Warren Buffet:

1. Jangan pernah kehabisan uang

Nasehat paling paling penting yang diberikan oleh Buffet adalah jangan pernah menghabiskan uang yang Anda miliki. Aturan ini juga berlaku ketika Anda ingin berinvestasi. Menghabiskan seluruh uang yang Anda miliki hanya akan menyusahkan Anda nantinya. Pastikan Anda tetap memiliki cukup uang sebagai simpanan.

2. Beli barang nilai tinggi dengan harga murah

Salah satu nasehat berharga Buffet lainnya adalah ketika ia menyampaikan bahwa harga sebuah barang tidak ditentukan dari sebanyak apa uang Anda keluarkan, tapi dari sebagus apa nilai produk yang Anda dapat.

Jangan sampai Anda hanya menghabiskan uang untuk sesuatu yang mahal namun nilai produk yang didapatkan tidak seberapa.

Teruslah mencari kesempatan agar bisa mendapat barang nilai bagus dengan harga yang murah, ungkapnya.

3. Tumbuhkan kebiasaan atur uang

Sebagian besar perilaku manusia ditentukan dari kebiasaan yang sering dilakukan. Banyak orang gagal untuk mengatur keuangan yang dimiliki karena mereka sudah biasa untuk menghamburkan uang dan tidak menabung.

Untuk itu, Buffet menuturkan bahwa kunci sederhana agar bisa mendapatkan keuangan yang baik adalah dengan membiasakan diri untuk menabung.

Karena menabung adalah kebiasaan, bukan sesuatu yang bisa dengan mudah untuk dilakukan

4. Hindari berutang, terutama utang kartu kredit

Warren Buffet mampu membangun seluruh kekayaan yang ia miliki dari hasil usaha kerasnya ia sendiri, bukan dari bantuan pijaman dari bank.

Dalam pidatonya pada 1991, di Notre Dame, Buffet mengatakan, Anda sebenarnya tidak terlalu membutuhkan pinjaman untuk menjadi kaya. Jika Anda pintar dan mampu memanfaatkan keadaan, Anda pasti bisa mencari uang tanpa perlu meminjam

5. Sediakan uang tunai

Hal lain yang dapat dilakukan untuk menjamin keselamatan finansial Anda adalah dengan selalu menyediakan uang dalam bentuk tunai.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mampu lebih mudah mengatur pengeluaran karena uang Anda memiliki wujud nyata yang dapat dilihat dibanding hanya sebagai nominal yang Anda lihat di buku tabungan.

6. Berinvestasi pada diri sendiri

Aset paling berharga yang dimiliki oleh seorang individu adalah diri mereka sendiri. Selain berinvestasi di lingkungan, pastikan Anda juga mampu untuk menginvestasikan diri Anda dengan terus meningkatkan kemampuan diri. Dengan begini, kemampuan yang Anda miliki pun dapat bermanfaat di masa yang akan datang.

7. Belajar tentang uang

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan agar kehidupan finansial Anda dapat berjalan lebih baik adalah dengan belajar untuk mengelola resiko keuangan. Hal ini dapat dicapai dengan terus menerus melatih kemampuan yang dimiliki dan terus membaca agar ilmu Anda terus berkembang.

Setiap ingin tidur, pastikan Anda telah memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding ketika Anda bangun di pagi hari tutur Buffet.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!