Pentagon Akhirnya Izinkan Tentara Perempuan Bertempur

166

redaksi.co.id – Pentagon Akhirnya Izinkan Tentara Perempuan Bertempur

Kepala Pertahanan AS Ashton Baldwin Carter, Kamis (3/12) mengatakan bahwa militer AS akan membuka semua pekerjaan tempur buat perempuan.

“Saya mengumumkan keputusan saya untuk tidak membuat pengecualian yang berlanjut, yaitu, melanjutkan pembukaan semua posisi dan jabatan yang tersisa buat perempuan. Takkan ada pengecualian,” kata Carter dalam satu taklimat di Washington.

Pengumuman tersebut dikeluarkan setelah beberapa tahun penelitian, dan pengumuman itu akan menghapuskan pembatasan mengenai cara dan tempat perempuan dapat terlibat dalam operasi militer AS.

“Mereka (perempuan) akan diizinkan mengemudikan tank, menembakkan mortir, dan memimpin tentara infantri dalam pertempuran,” kata Carter, sebagaimana dikutip Xinhua.

“Mereka akan dapat bertugas sebagai Army Rangers dan Green Berets, Navy SEALS, Marine Corps Infantry, penerjun para Air Force dan semua yang lain yang sebelum hanya dibuka buat lelaki.”

Pengumumannya adalah penolakan tegas terhadap pernyataan sebelumnya dari Kepala Staf Gabungan Joseph Dunford, yang menyatakan US Marines mesti diperkenankan mencegah perempuan bergabung dalam pekerjaan tempur tertentu di garis depan, dengan mengutip studi yang memperlihatkan satuan gender campuran akan kurang mampu dibandingkan dengan satuan yang semua anggotanya lelaki.

Carter mengatakan, meski Marine Corps telah meminta sebagian pengecualian di beberapa bidang seperti infantri, penembak senapan mesin, pengawasan pendukung tembakan dan lain-lain.

“Kami adalah pasukan gabungan, dan saya telah memutuskan untuk membuat keputusan yang berlaku buat seluruh pasukan,” tegas Carter.

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!