4 Hal yang Bikin Internet Lelet

redaksi.co.id - 4 Hal yang Bikin Internet Lelet Hidup di dunia yang serba online, menjumpai koneksi iternet lemot pasti menjadi hal yang menyebalkan. Apa sebetulnya yang...

26 0

redaksi.co.id – 4 Hal yang Bikin Internet Lelet

Hidup di dunia yang serba online, menjumpai koneksi iternet lemot pasti menjadi hal yang menyebalkan. Apa sebetulnya yang bisa mengganggu koneksi internet? Dilansir dari Metro.co.uk, setidaknya ada empat hal yang bisa menjadi penyebab koneksi wifi menjadi lambat.

1. Lampu dan lemari es

Dua hal ini rupanya mempengaruhi router. Para ahli di Ofcom menemukan bahwa lampu, lemari es, speaker, telepon nikrabel menggangu sinyal wifi dari router. Hal ini disebabkan karena semua perangkat ini mengirimkan gelombang radio yang mirip dengan sinyal yang dikirim oleh router. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menghindarkan router dari perangkat-perangkat elektronik lainnya.

2. Wifi tetangga

Namanya juga hidup bersosialisasi, pada umumnya rumah akan memiliki tetangga. Router mentransimisikan wifi dengan bekerja pada satu saluran dari beberapa saluran yang tersedia. Router modern akan mencoba untuk memilih yang terbaik dan yang paling padat secara otomatis. Namun, kadang router Anda dan router tetangga beroperasi pada channel yang sama. Hal inilah yang membuat wifi menjadi lemah.

3. Manusia

Pernah Anda bertanya mengapa wifi Anda lemot ketika Anda sedang mengadakan pesta? Keberadaan manusia rupanya berpengaruh kepada kualitas wifi. Penelitian University of California menemukan bahwa sinyal nirkabel berfluktasi secara signifikan ketika ada manusia. Ilmuwan lantas menggunakan riset ini untuk menghitung jumlah orang dalam sebuah ruangan yang masih bisa menggunakan wifi tetap dalam kondisi aman.

4. Lokasi

Lokasi turut berpengaruh terhadap kualitas wifi. Namun, bukan berarti Anda harus mendekatkan diri dengan router untuk mendapatkan wifi kencang. Kenyataannya, beberapa daerah memiliki sinyal wifi yang baik karena tergantung seberapa baik infrastruktur yang tersedia. Perbedaan letak geografis bisa berdampak pada perbedaan kualitas wifi.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!