Kisah Tukang Cukur yang Sukses Beli 200 Mobil Mewah

382

redaksi.co.id – Kisah Tukang Cukur yang Sukses Beli 200 Mobil Mewah

Tak mudah untuk mencapai kesuksesan. Butuh kerja keras, semangat pantang menyerah dan yakin bisa mengejar mimpi dan impian yang tinggi. Maka kesuksesan bukan lagi hal yang mustahil. Hal itu dibuktikan Ramesh Babu, seorang tukang cukur yang kini menjadi miliarder.

Ramesh adalah tukang cukur di Bangalore, India. Dia adalah contoh nyata bagaimana orang bisa membentuk masa depannya sendiri dengan cara bermimpi dan bekerja keras untuk mencapai tujuannya itu.

Cerita berawal di 1979, saat ayah Ramesh meninggal dan hanya menyisakan peninggalan salon kecil. Kala itu Ramesh hanya anak kecil berumur 9 tahun, yang belum mengerti apa-apa.

Sang ibu, menyewakan salon peninggalan tersebut senilai 6 rupee per hari, atau jika dihitung dengan kurs rupiah sekarang yakni sekitar Rp 1.241. Cukup bernilai kala itu.

Di tahun 1994, Ramesh dewasa memilih untuk menjalankan usaha cukur ayahnya ketimbang mengejar pendidikan. Salon cukurnya itu terletak di pusat perbelanjaan dan dekat dengan sekolahnya. Salon itu bernama Inner Space.

Dikutip dari Billionairesnewswire, Kamis (3/1/2015), Ramesh sejak kecil punya mimpi untuk memiliki mobil mewah. Hingga dewasa, mimpi tersebut juga tidak pudar meski dia jadi tukang cukur. Setelah 3 tahun, Ramesh membeli mobil Maruti Omni dan menyewa-nyewakannya ke orang lain.

Bisnis rental mobil kecil-kecilannya cukup sukses dan terus berinvestasi menambah armadanya. Di akhir 90-an, Ramesh sukses membuka perusahaan taksi dengan nama Ramesh Tours and Travels.

Di 2004, Ramesh semakin jor-joran berinvestasi menyusul pemerintah membuka sektor pariwisata di Bangalore dan dia berpikir, jika wisatawan mau datang ke Bangalore, pasti akan menyewa mobil.

Waktu terus berjalan begitu juga dengan bisnisnya yang terus berkembang. Akhirnya Ramesh bisa mengejar mimpinya membeli mobil mewah. Mobil mewah pertama yang ia beli adalah Mercedes E Class Luxury seharga 3,8 lakh atau 3,8 juta rupee, setara Rp 788,2 juta (kurs Rp 207,4 per rupee. Perlahan tapi pasti, jalan menuju mimpinya semakin terbuka lebar.

Sekarang, Ramesh punya hampir 200 mobil, van, dan minibus. Koleksinya tersebut termasuk mobil mewah Rolls Royce Ghost. Mercedes C,E dan S Class da BMW 5,6 dan 7. Mobil-mobil tersebut pun ia sewakan. Dia mematok tarif 75.000 rupee per hari setara Rp 15,5 juta per hari.

Meski sudah kaya raya, Ramesh tetap sederhana dan membumi. Dia juga masih menjadi tukang cukur dan melayani pelanggannya dengan tarif 65 rupee yang bukan apa-apa dibanding salon eksklusif lainnya di kota.

“Saya akan terus mencukur selama tangan saya masih sehat dan berfungsi” katanya.

(red/hmad/yaiku/AS)

loading...

Comments

comments!