Gunakan Lantunan Azan, Tim Produksi Noragami Aragoto Minta Maaf

redaksi.co.id - Gunakan Lantunan Azan, Tim Produksi Noragami Aragoto Minta Maaf JAKARTA -- Beberapa waktu lalu, salah satu Background Musik (BGM) dari anime Noragami Aragoto berjudul...

39 0

redaksi.co.id – Gunakan Lantunan Azan, Tim Produksi Noragami Aragoto Minta Maaf

JAKARTA — Beberapa waktu lalu, salah satu Background Musik (BGM) dari anime Noragami Aragoto berjudul “Push Buttons” menuai kontroversi karena menggunakan lantunan mirip azan. Berdasarkan hal tersebut, komite produksi anime Noragami Aragoto menyampaikan permohonan maaf secara resmi dan memberhentikan pendistribusian lagu tersebut.

Dalam surat pernyataan resmi yang termuat dalam noragami-anime.net, menyatakan penggunaan lantunan mirip azan sebagai BGM atau musik latar anime Noragami season 2 tersebut berdasarkan ketidaktahuan. Komite produksi mengatakan sama sekali tidak mengetahui bahwa material audio yang mereka gunakan merupakan lantunan suara azan.

Komite mengatakan pihaknya menggunakan material audio yang tersedia secara komersil tersebut tanpa mengetahui bahwa audio tersebut memiliki keterkaitan dengan kepercaan pemeluk agama tertentu. Komite produksi menekankan penggunaan lantunan itu bukan untuk menghina Islam, tetapi sebuah kesalahan.

“Musik latar ini dibuat tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap arti dari lantunan (mirip azan) tersebut,” jelas komite produksi dalam surat yang dikeluarkan pada 5 Desember, kemarin.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian, komite produksi memutuskan untuk menghentikan distribusi dari Noragami Aragoto Original Soundtrack, Noragami no Oto 2. Kumpulan musik latar Noragami Aragoto ini sudah mulai beredar di pasaran sejak 25 November lalu.

“Ke depannya, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, kami akan memberi perhatian lebih dalam proses produksi dan konten yang terkandung dalam program yang diproduksi,” kata komite produksi.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!