Lima Tahun Lagi, Orang Kaya Indonesia Bakal Naik 55 Persen

redaksi.co.id - Lima Tahun Lagi, Orang Kaya Indonesia Bakal Naik 55 Persen Jumlah miliuner atau orang kaya di Indonesia diproyeksikan akan naik sebanyak 54 persen dalam...

14 0

redaksi.co.id – Lima Tahun Lagi, Orang Kaya Indonesia Bakal Naik 55 Persen

Jumlah miliuner atau orang kaya di Indonesia diproyeksikan akan naik sebanyak 54 persen dalam lima tahun atau mencapai 151 ribu orang pada 2020.

Dari laporan tingkat kekayaan global 2015 yang dikeluarkan oleh Credit Suisse, jumlah orang kaya Indonesia saat ini mencapai 98 ribu jiwa.

Hasil riset menunjukan Indonesia pulih dari krisis finansial Asia pada 1997 hingga 1998 dan rata-rata kekayaan penduduk naik di periode 2000 hingga 2015.

Chief Investment Officer Asia Pacific, Private Banking and Wealth Management Credit Suisse, John Woods, mengatakan, selain itu, kekayaan orang Indonesia dalam rupiah terus mmeningkat sejak 2008 dengan pertumbuhan pertahun 5,5 persen.

Sedangkan dalam bentuk dolar Amerika Serikat mengalami penurunan akibat depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sebesar 32 persen yang menyebabkan kekayaan dalam valuta asing (valas) dolar AS terus merosot.

Meski sempat terjadi penurunan di dolar AS, kekayaan orang sebanyak 92 persen dari populasi di Indonesia masih memiliki kekayaan kurang dari 10 ribu dolar AS, lebih tinggi dari rata-rata dunia, yaitu 71 persen, kata Woods dalam risetnya, Senin (7/12/2015)

Hal ini menunjukkan, tingkat rata-rata kekayaan penduduk Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan dengan standar internasional.

Akan tetapi, karena distribusi kekayaan yang begitu lebar, 136 ribu penduduk Indonesia masuk ke dalam 1 persen penduduk terkaya di dunia, dengan 98 persen diantaranya memiliki aset jutaan dolar Amerika Serikat.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!