ISIS Selundupkan Mayoritas Minyak Melalui Turki

162

redaksi.co.id – ISIS Selundupkan Mayoritas Minyak Melalui Turki

BAGHDAD — Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan, sebagian besar minyak yang diselundupkan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) melalui Turki.

Abadi menekankan pentingnya menghentikan penyelundupan minyak oleh kelompok ISIS, yang sebagian besar diselundupkan melalui Turki, kata sebuah pernyataan dari kantornya selama pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jerman seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Selasa (8/12).

Hubungan Irak dengan Turki sebenarnya telah membaik sejak Abadi menjabat pada 2014. Namun, ketegangan meningkat karena sejumlah isu, termasuk perang saudara Suriah dan baru-baru ini pengerahan militer Turki di Irak utara.

Dalam beberapa hari terakhir, Irak menuduh Turki mengirim pasukan ke Irak utara, dan Turki melatih pasukan anti-ISIS tanpa persetujuan Irak. Irak menuntut pasukan tersebut ditarik.

Sebelumnya, seorang pejabat senior Turki, Senin (7/12) mengatakan pesawat tempur Turki mengambil bagian dalam operasi udara oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS).

Tetapi Turki dinilai belum mengebom sasaran-sasaran ISIS di Suriah sejak 24 November, ketika Turki menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!