Tiga Calon Petahana di Jatim Menang Mutlak

redaksi.co.id - Tiga Calon Petahana di Jatim Menang Mutlak Pasangan petahana tiga daerah di Jatim menang mutlak versi penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan Lingkaran Survey...

36 0

redaksi.co.id – Tiga Calon Petahana di Jatim Menang Mutlak

Pasangan petahana tiga daerah di Jatim menang mutlak versi penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) bekerjasama dengan Jaringan Isu Publik(JIS).

Tiga daerah tersebut adalah Gresik, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Kediri.

Untuk Gresik, pasangan Sambari Halim Radianto-Muhamad Qosim memperoleh suara 70,08 persen.

Sementara dua paslok lainnya, Khusnul Khuluk-Ahmad Rubaie memperoleh suara 28,18 persen, disusul Ahmad Nurhamim-Junaidi dengan angka 1,74 persen.

Di Kabupaten Kediri, pasangan incumbent Haryanti-Masykuri unggul dengan suara 66,66 persen. Sedangkan lawannya, Ari Purnomo Adi-Arifin memperoleh suara 33,35 persen.

Tingkat pemilih di wilayah ini mencapai 56,36 persen.

Sedangkan Kabupaten Malang, pasangan Rendra Kresna – Sanusi menang dengan suara 52 persen.

Incumbent ini mengalahkan Dewanti Rumpoko-Masfridah Hadi yang memperoleh 44,02 persen, dan Nurcholis-Muhamad Mufidz 3,98 persen.

Partisipasi pemilihnya mencapai 57,6 persen.

Peneliti LSI Imam Fauzi Surahmat mengatakan, kemenangan mutlak calon petahana rata-rata karena dominasi politik mereka masih kuat.

Lalu keberadaan mesin politik yang kuat, dan kepemimpinan selama lima tahun ke belakang benar benar dimanfaatkan untuk memperoleh dukungan dari pemilih.

“Makanya kemenangan yang diraih mutlak alias lebih dari 50 persen,” ujarnya, Rabu (9/12/2015), dalam rilis quick count, di Hotel Santika Surabaya.

Menurut Fauzi, hasil hitung cepat di tiga wilayah itu menggunakan metode sampel proporsional dengan memilihnya secara acak sampling di seluruh wilayah.

Untuk Kabupaten Kediri, sampel yang diambil dari 220 TPS dengan sampel pemilih sebanyak 94 ribu orang.

Lalu Gresik sampel yang diambil di 205 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 86.136 pemilih.

Sedangkan Kabupaten Malang sampel yang diambil 200 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 111.750.

“Kami yakin perhitungan ini tidak akan berubah atau berpindah posisi, hingga penetapan hasil akhir secara resmi oleh KPU,” tegas Fauzi.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!