Penyelundupan Uang Koruptor Dapat Dicegah dengan Cara Ini

redaksi.co.id - Penyelundupan Uang Koruptor Dapat Dicegah dengan Cara Ini Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan sering kali upaya memiskinkan koruptor tidak berhasil karena uang hasil...

25 0

redaksi.co.id – Penyelundupan Uang Koruptor Dapat Dicegah dengan Cara Ini

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan sering kali upaya memiskinkan koruptor tidak berhasil karena uang hasil korupsi sudah diselundupkan ke luar negeri. Untuk mencegah hal itu, maka dibutuhkan kerja sama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) lintas negara.

“Saya bilang tadi bagaimana ada akses ke BPK-BPK lain. Orang korupsi di Indonesia, lalu bawa uang ke luar negeri, ya mestinya BPK di sana bisa periksa itu, kerja sama dengan BPK kita,” kata Jusuf Kalla, di Hotel Crown, Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Mantan Ketua Umum Golkar ini menuturkan Indonesia punya pengalaman banyak, terutama soal orang-orang Indonesia yang mempunyai kekayaan secara tidak wajar. Kemudian, mereka menyembunyikan kekayaan di negara lain. Sementara, auditor Indonesia tidak bisa deteksi sehingga merugikan rakyat sendiri.

JK juga menuturkan kerja sama BPK lintas negara dapat mencegah pula tindakan mal praktik dari orang-orang yang mau merugikan keuangan suatu negara. Cara ini pula untuk menghindari terjadinya tax haven atau kebijakan untuk memberikan keringanan atau kebebasan pajak.

“Supaya tidak ada lagi tax haven masing-masing negara tahun 2017. Sehingga semua negara dapat menjaga daripada kerugian yang timbul karena kejahatan-kejahatan keuangan,” tutur dia.

Kerja sama ini juga memerlukan peningkatan pengetahuan para auditornya. Para pelaku kejahatan keuangan termasuk orang-orang pintar, sehingga penegak hukumnya harus lebih pintar lagi.

“Anggaran kita makin besar, kemudian teknologi juga makin canggih, maka pengetahuan harus lebih baik daripada yang salah. Kalau orang korupsi lebih pintar dari pada BPK, bahaya nih,” tandas JK. (Silvanus A/Ahm)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!