Benci dengan Pekerjaan Bisa Bikin Makin Miskin, Ini Sebabnya

redaksi.co.id - Benci dengan Pekerjaan Bisa Bikin Makin Miskin, Ini Sebabnya Bekerja di sebuah perusahaan besar dengan gaji tinggi sepertinya jadi impian hampir semua orang. Namun,...

31 0

redaksi.co.id – Benci dengan Pekerjaan Bisa Bikin Makin Miskin, Ini Sebabnya

Bekerja di sebuah perusahaan besar dengan gaji tinggi sepertinya jadi impian hampir semua orang. Namun, gaji tinggi dan kantor bonafide saja tidak menjamin hari depan yang makmur apabila seseorang tidak mencintai pekerjaan tersebut.

Pekerjaan yang dilakukan setengah hati bahkan bisa membuat pengeluaran seseorang semakin membengkak. Berikut ini 6 alasan mengapa pekerjaan yang Anda benci bisa membuatmu tetap miskin, seperti melansir dari CekAja.com, Kamis (10/12/2015):

1. Menyita seluruh waktu

Bahkan pekerjaan yang paling Anda benci sekalipun bisa membuatmu terus sibuk. Dampaknya bisa

cukup serius. Mungkin Anda tidak lagi punya waktu untuk mencari peluang pekerjaan lain yang lebih baik, mencari beasiswa atau melanjutkan pendidikan. Bahkan, pekerjaan yang menyita waktu membuatmu tidak sempat menjalin relasi teman atau sesama profesional lainnya.

2. Uang lebih untuk mengurangi stres

Pekerjaan yang tidak disukai pasti akan membuat seseorang lelah dan stres. Belum lagi jika tinggal di kota dengan lalu lintas semerawut dan transportasi umum buruk seperti Jakarta, tingkat kelelahan dan stres bisa semakin berlipat.

Untuk mencari sedikit kenyamanan, seseorang akan rela mengeluarkan uang. Contohnya seperti menggunakan mobil pribadi dan membayar parkir ketimbang naik transportasi umum yang lebih murah namun harus rela berdesak-desakan.

Kemudian makan siang di restoran dibandingkan membawa kotak makan sendiri atau membayar pembantu untuk membereskan pekerjaan rumah karena tidak bergairah lagi untuk mengerjakannya.

3. Membuat Anda sakit

Di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Pameo ini bukan isapan jempol. Seseorang bisa mudah sakit bila sering stres. Jika tidak terjadi secara langsung, stres tinggi bisa terakumulasi dan berubah menjadi penyakit berbahaya di suatu waktu.

Dan sudah bukan rahasia lagi jika sakit adalah sesuatu yang mahal dan dapat berakibat buruk bagi keuangan pribadimu.

4. Makin konsumtif

Tanpa disadari, seseorang yang membenci pekerjaannya cenderung semakin konsumtif. Biasanya mereka akan membeli berbagai barang mahal seperti mobil baru atau mengeluarkan dana lebih untuk liburan sebagai kompensasi.

Jika konsumsi berlebihan terus menerus dilakukan tanpa diimbangi pemasukan lebih, bukan tidak mungkin seseorang masuk dalam jebakan utang yang bisa memiskinkan.

5. Kehilangan motivasi

Hilangnya motivasi tidak hanya buruk bagi pengembangan kualitas seseorang tapi bisa membuat miskin.

Jika Anda membenci pekerjaanmu, Anda menjadi tidak peduli pada setiap peluang emas seperti promosi kenaikan jabatan, target insentif atau kenaikan gaji sekalipun. Akibatnya, kesempatan untuk memupuk kemakmuran semakin terbatas. (Nrm/Zul)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!