5 Cara Kelola Uang ala Orang Kaya

redaksi.co.id - 5 Cara Kelola Uang ala Orang Kaya Sering sekali terbersit dalam pikiran kita, bagaimana orang kaya itu mengelola uang mereka? Karena sepertinya harta kekayaan...

16 0

redaksi.co.id – 5 Cara Kelola Uang ala Orang Kaya

Sering sekali terbersit dalam pikiran kita, bagaimana orang kaya itu mengelola uang mereka? Karena sepertinya harta kekayaan mereka tidak pernah berkurang, yang ada semakin bertambah.

Sementara kita juga bertanya-tanya mengapa uang yang kita miliki selalu menipis. Bahkan belum pertengahan bulan, uang gajian sudah hampir habis.

Kalau Anda berpikir seperti itu berarti Anda tidak sendirian. Tata kelola keuangan biasanya berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Namun, tata kelola ini sangat mempengaruhi seseorang apakah bisa mengunakan uangnya dengan baik atau tidak.

Berikut beberapa resep cara mengelola keuangan ala orang kaya yang mungkin bisa Anda ikuti:

1. Selalu menabung

Tabungan itu sangat penting karena bisa menolong saat Anda membutuhkan dana segar atau membutuhkan uang untuk investasi. Saatnya menyisihkan sebagian uang untuk ditabung dan jangan menghamburkan uang bila tidak perlu.

Daripada hanya menabung uang sisa hasil pemasukan, bagaimana kalau Anda justru menabung sejumlah dana terlebih dahulu, sisihkan secara konsisten sebelum uangnya dihabiskan untuk ini itu.

2. Setiap pengeluaran ada alasan

Jangan dipikir orang kaya sering menghambur-hamburkan uang. Justru mereka sangat hati-hati untuk itu. Setiap pengeluaran pasti memiliki alasan.

Biasanya bila uang diperoleh dengan susah payah, pemiliknya akan sangat perhitungan saat harus mengeluarkan uang.

3. Investasi

Selain menabung, orang kaya juga hobi berinvestasi. Investasi membuat uang yang Anda simpan bisa berlipat ganda. Jadi mulailah melakukan investasi, baik dengan emas atau investasi lainnya seperti saham, reksadana, obligasi, asuransi, properti atau juga deposito.

4. Hidup sederhana

Orang kaya tidak suka hidup dalam kemewahan. Mungkin Anda pernah mendengar pendiri Facebook, Mark Zukemberg menikah secara sederhana, atau miliarder terkenal Warren Buffett hanya tinggal di rumah biasa berkamar lima? Nah kenapa Anda tidak mengikuti dua orang ini.

5. Banyak beramal

Beramal tidak akan membuat Anda miskin. Terbukti banyak orang kaya dunia yang menjadi filantropi tetapi harta kekayaan mereka tetap banyak, dan makin bertambah.

Jadi, tidak ada salahnya Anda menyisihkan sebagian uang untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan. Bila Anda murah hati menolong orang, suatu saat Anda pasti akan ada yang menolong bila membutuhkan sesuatu. (Vna/Ndw)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!