Pemerintah akan Ganti Raskin dengan Uang Tunai

redaksi.co.id - Pemerintah akan Ganti Raskin dengan Uang Tunai Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan, pemerintahsedang mengkaji perubahan subsidi beras miskin...

20 0

redaksi.co.id – Pemerintah akan Ganti Raskin dengan Uang Tunai

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan, pemerintahsedang mengkaji perubahan subsidi beras miskin (raskin) dari bentuk beras ke dalam bentuk uang tunai.

“Ada rencana untuk diubah ke uang tunai. Kalangan akademisi memberi masukkan bahwa subsidi raskin dalam bentuk uang tunaiakan lebih efisien,” kata Suahasil di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12).

Suahasil menegaskan, perubahan mekanisme penyaluran bantuan raskin ini tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Pemerintahmasih perlu mendengarkan pendapat dari kalangan akademisi, ekonom, serta masyarakat apakah perubahan tersebut memang lebihbaik ketimbang memberikan bantuan dalam bentuk beras.

“Saya belum bisa katakan kapan perubahan mekanisme ini bisa atau jadi diterapkan. Yang pasti, tahun depan penyalurannya masihdalam bentuk beras,” kata Suahasil.

Dia menambahkan, salah satu alasan mengubah mekanisme penyaluran karena selama ini banyak masyarakat yang berhak menerimaraskin tidak menerima penyaluran raskin sesuai jatahnya masing-masing.

“Setiap kepala keluarga kan jatahya 15 kg, tapi pada kenyataannya rata-rata hanya 5 kg dapatnya,” kata dia.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!