Inilah Tokoh-tokoh Muslim yang Penting dan Berjasa di AS

redaksi.co.id - Inilah Tokoh-tokoh Muslim yang Penting dan Berjasa di AS Komentar kandidat capres AS Donald Trump telah menyedot perhatian tak hanya publik AS, tetapi juga...

8 0

redaksi.co.id – Inilah Tokoh-tokoh Muslim yang Penting dan Berjasa di AS

Komentar kandidat capres AS Donald Trump telah menyedot perhatian tak hanya publik AS, tetapi juga dunia.

Menargetkan muslim, sang kandidat capres partai Republik itu menyerukan larangan bagi komunitas tersebut untuk masuk wilayah AS.

Hal itu dikatakan telah melukai dan menyinggung komunitas muslim dunia, terlebih di AS, sebab Donald nampaknya melupakan banyak jasa komunitas itu yang telah membentuk AS menjadi seperti sekarang ini.

Berikut adalah tokoh-tokoh muslim yang dianggap penting atau berjasa bagi AS.

Bampett Muhammad

Ia adalah satu dari anggota pasukan di bawah komando Jenderal George Washington, yang turut serta dalam Perang Revolusi AS, tepatnya tergabung dalam pasukan Virginia Line pada 1775 dan 1783. Bampett menjadi satu dari banyak tentara AS yang gugur membela negara itu.

Fazlur Rahman Khan

Pria keturunan Bangladesh AS ini adalah insinyur dan pelopor pembangunan struktur gedung pencakar langit AS. Inovasinya dalam sistem pembangunan gedung telah diaplikasikan di banyak gedung AS, dari gedung World Trade Center sampai gedung-gedung hotel milik Trump.

Ayub Ommaya

Dokter muslim yang satu ini berjasa atas penemuannya di bidang medis pada 1963, yaitu sistem kateter yang dapat digunakan untuk mengeluarkan cairan dan memasukkan obat, ke luar dan dalam otak. Nantinya ini sangat berguna untuk kemoterapi bagi penderita kanker otak.

Rakim Allah (William Michael Griffin Jr.)

Dari sejumlah penyanyi rap dan hip hop muslim AS, Rakim mengukir prestasi sebagai penyanyi rap terhebat dalam sejarah. Selain mengesankan dari keberaniannya mengakui bahwa dirinya muslim, tokoh era 80-an ini juga menginspirasi banyak muslim agar lebih berani.

Ernest Hamwi

Tanpa imigran muslim Suriah ini, cone es krim tak pernah ada. Pria inilah yang pertama kali menemukan “zalabia”, yaitu wafel yang dibentuk menjadi kerucut dan di dalamnya diisi es krim, yang kemudian menjadi cone es krim pertama di dunia yang bisa dimakan.

Muhammad Ali

Dari sekian banyak olahragawan AS yang datang dari komunitas muslim AS, nama petinju legendaris ini yang paling populer dan diingat sebagai olahragawan muslim AS yang berjasa. Ia pun menginspirasi sebagai tokoh yang menyuarakan kebebasan beragama dan keadilan ras.

Farah Pandith

Wanita ini menjadi Duta Khusus untuk Komunitas Muslim pertama yang mewakili AS, ditunjuk oleh Hillary Clinton ketika ia masih menjabat Menlu AS pada 2009. Selanjutnya, ia terus menjadi “wajah” AS bagi komunitas muslim dunia.

Ahmed Zewail

Ilmuwan kelahiran Mesir ini terkenal dengan sebutan “Bapak Femtokimia” dan prestasinya hingga memperoleh penghargaan Nobel di bidang kimia pada 1999. Dedikasinya terhadap iptek dan kemanusiaan membawa pada pembuatan perangko edisi khusus untuk menghormatinya.

Aziz Ansari

Pria ini membuktikan bahwa muslim pun pandai melucu, mengingat Aziz populer sebagai seorang komedian dan aktor AS. Selain sudah bermain dalam beberapa film dan serial televisi, ia juga terpandang cukup aktif merespons tindak Islamofobia.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!