BI: Pelemahan Rupiah Terjadi Karena Faktor Global

redaksi.co.id - BI: Pelemahan Rupiah Terjadi Karena Faktor Global Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan pelemahan rupiah yang pada rabu kemarin terjadi karena adanya tekanan...

9 0

redaksi.co.id – BI: Pelemahan Rupiah Terjadi Karena Faktor Global

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan pelemahan rupiah yang pada rabu kemarin terjadi karena adanya tekanan lebih karena kondisi global.

“Lebih karena kondisi eksternal, lalu menjelang FOMC meeting tanggal 16, selain itu kita tau ekonomi Tiongkok juga terus melemah,” kata Agus di Jakarta, kamis (10/12/2015)

Dia menambahkan, BI tetap ada di pasar untuk menjaga stabilitas pasar keuangan. Namun kondisi lain adanya utang jatuh tempo yang besar pada Desember 2015 sekitar 12 miliar dolar AS, jumlah ini lebih tinggi dibandingkan Desember tahun lalu sebesar 8 miliar dolar AS.

“Untuk itu kami melihat ini bisa dipahami dan kami yakin bisa melewati,” ujar Agus.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS perdagangan selasa sore tercatat Rp 13.893 per dolar AS melemah 32.4 poin atau 0,23 persen dibandingkan penutupan hari sebelumnya Rp 13.860 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg nilai tukar bergerak direntang Rp 13.817 per dolar AS hingga Rp 13.906 per dolar AS.

Berdasarkan kurs tengah nilai tukar rupiah tercarat Rp 13.853 per dolar AS melemah dibandingkan perdagangan hari sebelumnya Rp 13.837 per dolar AS.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!