Pengelola Uang ISIS Tewas Dibom AS

184

redaksi.co.id – Pengelola Uang ISIS Tewas Dibom AS

Pengelola uang kelompok ISIStewas dalam serangan udara yang dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan AS.

“Muwaffaq Mustafa Mohammed al-Karmoush alias Abu Salah dan 2 pejabat tinggi ISIS lainnya tewas dalam serangan yang berlangsung dalam beberapa pekan terakhir,” kata juru bicara militer AS, Kolonel Steve Warren dalam percakapan video jarak jauh dari ibu kota Irak, Bagdad seperti dikutip dari BBC, Jumat (11/12/2015).

Namun pihak militer AS tidak memerinci lebih lanjut.

Abu Salah adalah nama samaran dari Muwaffaq Mustafa Mohammed al-Karmoush. Ia muncul dalam daftar pencarian Counter Terrorism, Departemen Keuangan AS.

Kolonel Warren menyebut Abu Salah sebagai warga negara Irak kelahiran tahun 1973, dan merupakan salah satu anggota paling senior dan berpengalaman dari jaringan keuangan kelompok militan itu.

“Terbunuhnya Abu Salah dan para pendahulunya akan melemahkan pengetahuan serta keahlian yang dibutuhkan dalam mengoordinasikan dana dalam organisasi jaringan tersebut,” tutur Kol Warren.

“Tiga tewas dalam serangan operasi militer pasukan koalisi untuk menghancurkan infrastruktur keuangan Isil (ISIS) ini,” tuturutusan khusus presiden untuk koalisi global melawan ISIS,Brett McGurk melalui Twitter.

Pasukan koalisi telah melakukan serangan udara terhadap gerilyawan ISISdi Irak dan Suriah, selama lebih dari setahun. Seorang pemimpin lain kelompok militan itu juga dilaporkan tewas baru-baru ini oleh serangan di Libia.

Pada Senin 7 Desember, Pentagon memastikan serangan udara AS telah menewaskan seorang pemimpin senior ISIS di Libia.

“Abu Nabil tewas setelah pesawat jet F-15 menargetkan sebuah kamp yang ditempatinya di sebelah timur Kota Derna pada 13 November,” demikian jelas Pentagon melalui pernyataannya.

(red//ur/sikin/MNA)

loading...

Comments

comments!