5 Resep Ampuh Asah Insting Bisnis

252

redaksi.co.id – 5 Resep Ampuh Asah Insting Bisnis

Bagi pengusaha, memiliki insting bisnis adalah hal yang sangat penting. Sebab, insting bisnis bisa membantu Anda lebih berani dalam mengambil kesempatan, yang berisiko sekali pun.

Nah, sebelum memulai bisnis, ada baiknya Anda mengasah insting bisnis agar menjadi tajam. Berikut cara yang dapat Anda lakukan seperti dilansir laman Worldatwork.org, Sabtu (12/12/2015):

1. Cari mentor

Tidak semua orang terbiasa belajar secara otodidak. Mungkin saja, karena yakin bahwa belajar dengan orang lain yang lebih pintar, atau punya pengalaman akan jauh lebih efektif.

Nah, seandainya Anda termasuk kategori tidak bisa belajar sendiri, ada baiknya mencari mentor yang dapat memberikan ilmu, pengalaman, tips, dan semangat untuk berbisnis.

Dengan makin majunya sosial media, Anda bisa langsung berdiskusi dengan pengusaha sukses dan menjadikannya mentor. Mereka akan senang membantu Anda.

2. Ikuti pelatihan bisnis

Tidak ada seorang pun yang dilahirkan dengan insting bisnis yang sudah tajam. Seperti keahlian lainnya, jika ingin mempertajam insting, harus banyak berlatih.

Ikutilah pelatihan bisnis yang banyak digelar oleh pengusaha-pengusaha sukses. Dengan mengikuti pelatihan ini, Anda akan banyak mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari pengalaman pengusaha sukses, yang bisa diterapkan dalam membangun bisnis.

Selain mengikuti pelatihan bisnis, Anda juga bisa mengikuti seminar bisnis untuk mendapatkan ilmu, pengalaman, ide, inspirasi usaha, promosi, jaringan hingga konsultasi gratis.

Buku-buku bisnis juga bisa menjadi sarana Anda untuk melatih insting bisnis. Jadi, cobalah ke toko buku dan cari buku bisnis sesuai dengan bidang bisnis yang akan Anda pilih, kemudian pelajari dan praktekan.

3. Terjun langsung

Jika Anda sudah mempelajari teori bisnis, membaca buku-buku bisnis, mengikuti seminar dan pelatihan bisnis hingga berdiskusi dan mendapatkan mentor, langkah selanjutnya adalah terjun langsung dengan memulai bisnis.

Jangan terlalu banyak pertimbangan untuk memulai bisnis. Seorang pengusaha sukses selalu berpikir cepat, memutuskan cepat dan mencari solusi dengan cepat, yang biasanya berasal dari insting. Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, modal nekat bisa membuat insting juga cepat terasah.

4. Ikuti minat atau ide

Jika Anda memiliki minat atau ide pada bisnis tertentu, jalankan minat Anda tersebut.

Bisnis berdasarkan minat, biasanya akan memberi semangat dan energi besar ketika dikerjakan dengan senang hati.

Oh ya, jika Anda melakukan bisnis dengan menggunakan insting, jangan hanya bergantung pada satu ide, kreatiflah dan kembangkan ide tersebut.

Jika ide berubah di tengah jalan, Anda sudah memiliki ide cadangan yang mungkin saja lebih oke dari sebelumnya.

5. Komitmen

Tidak ada suatu pekerjaan yang akan sukses dan bertahan lama jika tidak dilakukan dengan penuh komitmen. Begitu pula dengan insting, yang harus didukung dengan komitmen terus-menerus.

Hilangkan ketakutan, keraguan dan kekhawatiran yang kadang menyerang. Insting bisnis juga harus didukung dengan dedikasi dan keberanian. Anda harus konsisten dan menjadi sosok pengusaha yang memiliki integritas tinggi. (vna/Nrm)

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!