Ada Rp 4.000 Triliun Harta Orang Kaya Indonesia tak Dilaporkan ke Ditjen Pajak

redaksi.co.id - Ada Rp 4.000 Triliun Harta Orang Kaya Indonesia tak Dilaporkan ke Ditjen Pajak Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, salah satu alasan pemerintah ingin menerapkan...

10 0

redaksi.co.id – Ada Rp 4.000 Triliun Harta Orang Kaya Indonesia tak Dilaporkan ke Ditjen Pajak

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, salah satu alasan pemerintah ingin menerapkan pengampunanpajak karena masih ada banyak uang atau harta orang Indonesia yang tidak dikenakan pajak. Jumlahnya bahkan mencapai ribuantriliun.

Berdasarkan laporan banyak pihak, kata Bambang, jumlah uang orang Indonesia di dalam negeri yang belum dilaporkan keDirektorat Jenderal Pajak sebagai harta kekayaan nilainya mencapai Rp 1.400 triliun.

Sedangkan uang orang Indonesia yang disembunyikan di salah satu negara lain, indikasinya mencapai Rp 2.700 triliun. “Darijumlah itu saja sudah mencapai Rp 4.000 triliun. Saya yakin jumlahnya lebih dari itu,” ujar Bambang.

Bambang mengungkapkan bahwa ada salah satu negara yang sangat tidak ingin Indonesia memberlakukan pengampunan pajak. Sebabjika jadi diterapkan, uang orang-orang Indonesia yang selama ini disimpan di bank negara tersebut akan keluar dan kembali keIndonesia.

Apalagi, pemerintah akan memberikan diskon tarif tebusan bagi wajib pajak yang mau melakukan repatriasi aset saat mengikutiprogram pengampunan pajak.

“Saya tidak peduli sama negara lain. Pengampunan pajak harus dilakukan untuk kepentingan kita,” ujar dia.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!