AS Bekukan Aset Perusahaan Bos Besar Yakuza

redaksi.co.id - AS Bekukan Aset Perusahaan Bos Besar Yakuza Siapa yang tak kenal dengan salah satu kelompok geng terbesar di dunia Yakuza. Geng asal Jepang ini...

44 0

redaksi.co.id – AS Bekukan Aset Perusahaan Bos Besar Yakuza

Siapa yang tak kenal dengan salah satu kelompok geng terbesar di dunia Yakuza. Geng asal Jepang ini diburu habis oleh banyak negara, termasuk Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat baru saja membekukan aset dari Bos Yakuza, Tadamasa Goto.

Tadamasa Goto adalah petinggi Yakuza, the Tamaguchi Gumi. Dia memegang kendali beberapa peranan penting di kelompok mafia ini hingga 2008 lalu setelah dia dikeluarkan dan dipaksa untuk pensiun.

Goto kemudian direlokasi ke Kamboja, namun dia diduga masih bisa mengendalikan sejumlah perusahaan yang terakit dengan kasus pencucian uang, menurut Departemen Keuangan Amerika Serikat, dilansir dari CNN Money, Jumat (11/12/2015).

“Goto memiliki hubungan yang sangat dalam dengan Yakuza dan telah menjadi instrumen operasi kriminal di dunia,” tutur John E Smith Direktur di kantor Departemen Keuangan bagian Pengendalian Aset Asing.

Pemerintah AS telah menindak keras Yakuza dalam beberapa tahun ini. Goto adalah orang yang ke-14 kali yang berhubungan dengan mafia Jepang itu yang ditangkap pemerintah AS. Yakuza banyak melakukan kasus kriminal seperti penyelundupan narkoba, pencucian uang dan aktivitas ilegal lain, yang berkembang sangat dalam selama bertahun-tahun antar negara.

Pemerintah Jepang juga mulai menindak keras Yakuza, yang menjadi sangat kuat di negara selama puluhan tahun dengan membangun hubungan politik dan bisnis yang kuat.

Pada bulan Agustus, geng terbesar, Yamaguchi-gumi – dan mantan kelompok Goto – dibagi menjadi dua faksi, tanda bahwa hari-hari tua kontrol yakuza yang akan segera berakhir.

Polisi Jepang telah bersiaga penuh sejak saat itu. Perpecahan besar terakhir terjadi pada tahun 1984, dan mengakibatkan tahunnya perang kekerasan dengan pembunuhan, penembakan dan pemboman yang mem uat publik ketakutan. Hanya beberapa minggu yang lalu, seorang bos mafia itu ditemukan dipukul sampai mati.

Anggota Yakuza dikenal dengan tubuh banyak tato, dan praktek memotong jari untuk melunasi hutang atau menebus kesalahan. (Zul/Ndw)

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!