PT KAI Resmi Luncurkan Kereta 'Rumah Sakit' Pertama di RI

redaksi.co.id - PT KAI Resmi Luncurkan Kereta 'Rumah Sakit' Pertama di RI PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara resmi telah meluncurkan Kereta Kesehatan pertama di Republik...

32 0

redaksi.co.id – PT KAI Resmi Luncurkan Kereta 'Rumah Sakit' Pertama di RI

PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara resmi telah meluncurkan Kereta Kesehatan pertama di Republik Indonesia (RI) yang dinamakan Rail Clinic. Peresmian ini juga dibarengi dengan Pemecahan Rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) karena ini merupakan kereta kesehatan yang pertama di Indonesia.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengungkapkan pembuatan Rail Clinic ini didasari dengan kondisi demografis dan minimnya fasilitas kesehatan di wilayah terpencil, Indonesia butuh fasilitas kesehatan di kereta.

Edi menyadari saat ini di beberapa wilayah yang dilalui jalur kereta, belum tentu memiliki fasilitas kesehatan. Untuk itu, diharapkan dengan adanya kereta ‘rumah sakit’ ini, masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan yang dilalu jalur KA bisa mendapatkan fasilitas ini.

Pengoperasian Rail Clinic ini nantinya sesuai dengan misi-misi sosial yang dilakukan perusahaan. Pertama kali, kereta kesehatan ini akan dioperasikan di Wojo, Kulon Progo, Yogyakarta.

“Ini baru satu, nanti kita akan targetkan punya 4 Rail Clinic, dua kita operasikan di Jawa dan dua di Sumatra,” tegasnya.

Rail Clinic ini hanya dikerjakan dalam waktu satu bulan. Rail Clinic ini sebelumnya KRD yang dioperasikan di wilayah DAOP 2 Bandung. Mengingat kereta tersebut sudah tidak cukup tangguh untuk menjalani rute di wilayah Jawa Barat, maka dilakukanlah modifikasi.

Rail Clinic ini hanya terdiri dari dua kereta di mana kereta pertama disetting sebagai ruang pelayanan, mulai dari pemeriksaaan umum hingga pemeriksaaan gigi dan mata. Sementara kereta kedua, digunakan sebagai kamar-kamar yang bisa digunakan untuk beristirahat layaknya di rumah sakit. (Yas/Zul)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!