Lindungi Data Digital, Jangan Sepelekan Kata Sandi

redaksi.co.id - Lindungi Data Digital, Jangan Sepelekan Kata Sandi JAKARTA -- Tes kecerdasan siber pengguna oleh Kaspersky Lab menunjukkan kebanyakan pengguna masih kurang berhati-hati terhadap kata...

15 0

redaksi.co.id – Lindungi Data Digital, Jangan Sepelekan Kata Sandi

JAKARTA — Tes kecerdasan siber pengguna oleh Kaspersky Lab menunjukkan kebanyakan pengguna masih kurang berhati-hati terhadap kata sandi yang mereka gunakan.

Sayangnya, tidak banyak orang memahami betul skala ancaman yang muncul dari penggunaan internet serta tidak cukup serius dalam melindungi data online pribadi mereka, dan meningkatkan risiko kehilangan data secara signifikan, kata David Emm, Principal Security Researcher di Kaspersky Lab, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/12).

Lebih lanjut, hasil riset Kaspersky Lab menunjukkan, hanya 38 persen pengguna membuat kata sandi yang kuat untuk setiap akun milik mereka, sementara satu dari tujuh pengguna (14 persen) hanya memiliki satu kata sandi yang sama untuk setiap akun mereka.

Para pengguna tersebut dinilai berisiko mengalami kebocoran data jika mempunyai kata sandi yang sama di beberapa akun secara serentak.

Tingkat risiko ini tidak berbeda jauh bagi para pengguna yang hanya memiliki beberapa password untuk jumlah akun yang cukup banyak (36 persen) serta bagi mereka yang menggunakan variasi pola password yang sama (12 persen).

Menurut survei lain oleh Kaspersky Lab, dimana membuat situasi menjadi cukup rumit, adalah satu dari sepuluh pengguna cenderung memiliki password kurang dari delapan karakter.

Sementara itu, 12 persen lainnya enggan untuk membuat password yang lebih sulit ditebak, sebagai contoh, penggunaan huruf besar, penggabungan angka dengan huruf, tanda baca, ataupun trik serupa lain.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!